Bambang Widjojanto Cabut Gugatan Praperadilan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Bambang Widjojanto Cabut Gugatan Praperadilan

JAKARTA-Wakil Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) nonaktif Bambang Widjojanto kembali mencabut gugatan praperadilan yang dilayangkannya kepada penyidik Bareskrim Polri setelah sebelumnya pernah mencabut gugatan yang sama pada 20 Mei lalu.

“Kami mencabut permohonan kami Yang Mulia,” ujar kuasa hukum Bambang, Abdul Fikar Hadjar dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Selatan, Senin, seperti dilansirAntara.

Abdul kemudian menyerahkan berkas tertulis kepada hakim tunggal Made Sutrisna yang berisi alasan pencabutan permohonan praperadilan.

Setelah memeriksa surat dari pihak Bambang, hakim kemudian memberi kesempatan kepada kuasa hukum Polri untuk membaca surat tersebut sebelum memutuskan mengabulkan pencabutan permohonan praperadilan Bambang.

“Jadi dalam daftar kami di PN ini perkara sudah tiga kali ya dicabut. Karena ini adalah hak dari pemohon maka PN mengabulkan pencabutan permohonan ini,” tutur hakim Made Sutrisna.

Atas putusan tersebut, anggota Divisi Hukum Mabes Polri Brigjen Ricky H.P. Sitohang menyatakan keberatannya dan meminta agar sidang tetap dijalankan.

“Pada prinsipnya kami dari divisi hukum baik (permohonan) pertama, kedua, ketiga sudah siap, tapi kembali dicabut. Mohon kiranya catatan Yang Mulia, supaya kami tidak dipermainkan seperti ini. Kalau agenda persidangan sudah masuk bisa dijalankan,” katanya.

Kuasa hukum Bambang pun mengutarakan bahwa gugatan sebenarnya sudah ingin dicabut sebelum persidangan, namun pihak pengadilan meminta agar pencabutan tersebut dikemukakan di depan persidangan.

Hakim Made juga membenarkan keterangan kuasa hukum Bambang bahwa pencabutan permohonan praperadilan sudah diutarakan ke pihak pengadilan sebelum sidang dimulai.

“Memang sebelum sidang kuasa pemohon sudah sampaikan kepada kami bahwa permohonan akan dicabut. Tapi karena pemberitahuan hanya kepada kami, kami tidak mau menerima begitu saja karena bapak ibu termohon sudah hadir maka kami sampaikan saja supaya dikemukakan di persidangan,” tuturnya.

Untuk menanggapi keberatan pihak Polri, ia pun menegaskan agar praktik daftar-cabut gugatan yang sudah tiga kali dilakukan oleh Bambang Widjojanto tidak diulang kembali.

“Namun agar menjadi perhatian juga tentang keberatan dari termohon karena ini sudah kesekian kali daftar, cabut, daftar, cabut, agar memikirkan dulu sebelum mendaftar (perkara),” ujar hakim Made sebelum menutup sidang. (rmol)

Click to comment
To Top