Batal Impor Bawang dan Cabai – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ekonomi & Bisnis

Batal Impor Bawang dan Cabai

FAJARONLINE, JAKARTA — Kementerian Perdagangan (Kemendag) memastikan tidak akan melakukan impor bawang merah dan cabai di bulan Ramadan tahun ini. Pasalnya, berdasar laporan Kementerian Pertanian pasokan bawang merah dan cabai nasional sangat mencukupi dan harganya cenderung turun.

“Kementan, asosiasi dan pelaku usaha sudah menjamin adanya pasokan dari potensi panen, sehingga kita tidak akan melakukan impor,” ujar Menteri Perdagangan Rachmat Gobel melalui pesan singkatnya, kemarin.

Dalam rapat terbatas di Istana Negara 4 Juni lalu, Kemendag menyatakan akan membuka keran impor bawang merah dan cabai karena harganya melonjak tinggi.

Sementara itu, Menteri Pertanian Amran Sulaiman menegaskan, operasi pasar (OP) bawang merah sebanyak 100 ton di Pasar Induk Kramat Jati, Sabtu, 13 Juni lalu berhasil menurunkan harga. “Seminggu lalu harga disana masih Rp30 ribuan sekarang sudah Rp20 ribuan setelah kita operasi pasar 100 ton dengan harga Rp17 ribu perkilo. Itu bukti operasi pasar efektif,” lanjutnya. (jpnn/zul)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 15 juni2015

loading...
Click to comment
To Top