Bupati Siapkan Lahan Satu Hektar Pembangunan Kantor KPU Jeneponto – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Bupati Siapkan Lahan Satu Hektar Pembangunan Kantor KPU Jeneponto

FAJARONLINE, JENEPONTO — Pemerintah kabupaten (Pemkab) Jeneponto menghibabkan lahan tanah seluas satu hektar untuk pembangunan kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) setempat. Saat ini, KPU menempati bangunan pinjaman Pemkab Jeneponto, eks kantor DPRD Jeneponto.

Bupati Jeneponto Iksan Iskandar menjelaskan, lahan yang disediakan guna pembangunan KPU itu berlokasi di jalan lingkar dekat rumah sakit umum daerah (RSUD) Lanto Dg Pasewang. “Kita sudah siapkan lahan untuk dibangun kantor KPU Jeneponto. KPU sekarang ini menempati kantor bekas DPRD yang telah terbakar beberapa tahun lalu,” ujar Iksan Iskandar.

Lahan yang kita siapkan satu hektar, dilokasi tersebut juga kita membangun kantor Panwaslu Jeneponto. Karena Setiap terbentuk  Panwas di Jeneponto kendalanya fasilitas gedung kantornya, ujar Iksan Iskandar saat menghadiri pelantikan Sekretaris KPU Jeneponto Muh Ridwan yang sebelumnya menjabat Kabag SDA sekertariat Daerah (Sekda) setempat, Senin15  Juni.

Untuk itu, kata Bupati Iksan, meminta Kepala Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Jeneponto membuat perencanaan gambar pembangunan kantor KPU dengan menyiapkan panggung untuk unjuk rasa bagi masyarakat.

Karena kita sudah menyiapkan lahannya satu hektar. “Lahan sudah kita siapkan, soal anggaran tergantung dari Sekretariat KPU Sulsel yang menyiapkan. Cuma saya minta, tahun depan kantor itu harus dibangun,” ujar Iksan Iskandar.

Ia mengungkapkan, tugas Pemkab sudah selesai, karena hanya menyediakan lahan saja seluas satu hektar. Sedangkan untuk pembangunannya diserahkan kepada KPU sendiri dengan mengajukan kepada KPU Pusat.

“Sekarang tinggal membangun saja. Itu adalah tugas KPU Jeneponto dengan mengajukan ke KPU RI, sebab kami hanya menyediakan lahannya saja. Lebih cepat, lebih baik, agar pada tahun 2016 nanti KPU sudah memiliki kantor sendiri,” ungkapnya.

Sekretaris KPU Sulsel Annas Gs mengatakan, anggaran pembangunan kantor  KPU Jeneponto, pada 2013, sudah kita siapkan sebesar Rp 2 Miliar, untuk bangunan dua tingkat. Namun anggota DPRD menolak memberikan aset daerah ke KPU. Sehingga anggarannya kita ahlikan ke daerah lain yang membutuhkan gedung baru.

“Coba saat itu DPRD menyetujui lahan Pemkab diserahkan ke KPU, pasti KPU sudah punya kantor tersendiri. Sekarang ini, KPU cuma pinjam gedunng kantor,” ujarnya. Soal anggaran pembangunan untuk tahun depan, kita menunggu perencanaan gambarnya. Barulah kita usulkan ke KPU pusat untuk meminta alokasi anggaran pembangunan gedung kantor KPU Jeneponto.

Soal  anggaran kita belum tahun berapa nilainya, tapi yang pastinya kita usulkan sekitar Rp 3 miliar untuk pembangunan kantor KPU. Soal pembangunan kantor Panwaslu, kata Annas GS, bukan kita punya urusan itu, tapi Pemkab Jeneponto yang punya andil, katanya.  (lom)

Click to comment
To Top