Calon Independen di Pilwalkot Semarang Kosong! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Calon Independen di Pilwalkot Semarang Kosong!

SEMARANG, RAJA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Semarang, memastikan Pemilihan Walikota dan Wakil Walikota kali ini tidak akan diikuti calon dari jalur perseorangan. Pasalnya, sejak dibuka tanggal 11 Juni lalu hingga penutupan Senin (15/6) tidak ada satupun calon perseorangan (Independen) yang mendaftar ke KPU Kota Semarang.

“Hingga batas waktu pendaftaran pukul 16.00 WIB, tidak ada satu pun calon perseorangan yang mendaftar. Namun kapan hari ada yang konsultasi ke KPU,” ujar Ketua KPU Kota Semarang, Henry Wahyono saat dihubungi, Senin (15/6).
Henry mengatakan, sebelumnya ada tim dari calon perseorangan yang sudah berkonsultasi dan tanya-tanya ke KPU. “Namun hingga batas waktu yang telah ditentukan tidak mendaftar, kabarnya karena jumlah dukungan yang kurang, kandidat tersebut urung mendaftarkan diri,” katanya.
Menurutnya, sesuai ketentuan penyerahan syarat bagi pendaftar calon perseorangan, harus dilengkapi dengan dukungan dari sebanyak 105.464 pemilih, dari total 1,6 juta warga masyarakat Semarang yang memiliki hak pilih. Bukti dukungan dalam bentuk surat dukungan yang disertai fotocopy identitas warga tersebut.
Saat ditanya, apakah banyaknya syarat dukungan yang harus diserahkan oleh pasangan melalui jalur independen menjadi penghambat calon perseorangan, Henry Wahyono enggan berkomentar lebih jauh. “Kalau soal itu tentu harus melalui penelitian dan kajian di masyarakat, kami hanya melaksanakan ketentuan saja,” jelasnya.
Dengan demikian KPU juga tidak akan melakukan verifikasi dan tahapan selanjutnya jika ada calon perseorangan. KPU, kata dia, akan melakukan tahapan selanjutnya yakni menunggu hasil verifikasi daftar penduduk potensial pemilih pilkada.
Saat ini, lanjut dia, berkasnya masih di KPU RI, mulai tanggal 20-23 Juni akan dikirim ke KPU Kabupaten/Kota untuk dilakukan verifikasi. Termasuk dengan data pemilih pada Pilpres Tahun 2014 lalu.
Sementara itu, terkait dengan pelaksanaan Pilwalkot, pihaknya juga akan melakukan kerjasama dengan Kejari Semarang. Kerjasama tersebut mulai dari persoalan hukum jika ada, pengawasan pengadaan barang dan jasa serta lainnya. (Art)

loading...
Click to comment
To Top