Gelar Inspeksi Pasar, TPID Temukan Barang Kadaluarsa – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Gelar Inspeksi Pasar, TPID Temukan Barang Kadaluarsa

FAJARONLINE, SENGKANG — Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) Pemerintah Kabupaten Wajo menemukan sejumlah produk kadaluarsa yang masih dijajakan di pasar-pasar tradisional dan ritel modern.

Produk-produk yang sudah kadaluarsa tersebut di antaranya biskuit dan minuman bersoda merek BC yang ditemukan di ritel-ritel modern serta produk ikan kaleng, bumbu kue dan sambal terasi di sejumlah pasar tradisional.

Kepala Bagian Ekonomi Sekretariat Daerah Kabupaten Wajo, M Arwes, mengatakan dari hasil pemantauan yang dilakukan TPID selama seminggu, 11-17 Juni, pihaknya menemukan sejumlah produk kadaluarsa yang masih diperjualbelikan di pasar-pasar dan ritel modern.

“Ada beberapa produk kadaluarsa yang berhasil kami temukan di lapangan. Untuk itu, kami mengimbau kepada masyarakat untuk teliti dalam membeli suatu produk dan memperhatikan tanggal kadaluarsanya,” ujar Arwes, Senin 15 Juni.

Pihaknya juga memberi warning kepada pedagang dan ritel yang masih menjajakan barang kadaluarsa tersebut untuk ditarik dan tidak diperjualbelikan. Bila tidak diindahkan, pihaknya akan kembali melakukan inspeksi pasar dan menyita produk-produk kadaluarsa tersebut.

Sementara mengenai kenaikan harga menjelang Ramadan, harga sejumlah komoditas sembako masih dalam batas normal dan belum ada lonjakan harga berarti.

“Untuk perkembangan harga barang menjelang bulan Ramadhan secara umum masih cukup stabil. Kecuali beberapa produk tertentu yang mengalami kenaikan, seperti gula pasir, telur dan daging sapi,” imbuhnya.

Pemantauan dan pengawasan terhadap perkembangan harga barang dan produk kadaluarsa tersebut juga melibatkan Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Wajo serta satuan polisi Pamong Praja. Sejumlah pasar tradisional yang dikunjungi di antaranya Pasar Mini, Pasar Tempe, Pasar Sentral, Pasar Sempangnge serta sejumlah ritel modern yang ada di Kota Sengkang. (rilis/wik)

loading...
Click to comment
To Top