Harga Bawang Merah Menurun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Harga Bawang Merah Menurun

CILACAP, RAJA – Harga bawang merah di sejumlah pasar tradisional, Kabupaten Cilacap, berangsur turun setelah sempat mencapai Rp32.000 per kilogram.

Dari pantauan di Pasar Sidodadi dan Pasar Gede, Cilacap, kemarin, harga bawang merah telah turun menjadi Rp28.000 per kilogram. Salah seorang pedagang, Sumirah mengatakan bahwa penurunan harga bawang merah itu berlangsung secara bertahap sejak awal bulan Juni. “Pada akhir bulan Mei, harga bawang merah masih mencapai Rp32.000/kg namun sejak awal bulan Juni turun menjadi Rp30.000/kg dan turun lagi menjadi Rp28.000/kg sejak 10 Juni hingga sekarang,” katanya.

Menurut dia, penurunan harga itu terjadi karena sebagian petani di sentra penghasil bawang merah mulai panen sehingga pasokan ke pasar berangsur lancar. Bahkan, dia memperkirakan harga bawang merah akan berangsur normal dalam beberapa pekan ke depan. “Sebentar lagi petani bawang merah di Brebes akan panen raya sehingga dapat dipastikan harga komoditas itu akan kembali turun,” katanya.

Kendati harga bawang merah berangsur turun, harga sejumlah kebutuhan pokok masyarakat di pasar tradisional Kabupaten Cilacap masih bertahan tinggi, antara lain beras IR-64 kualitas medium sebesar Rp8.000/kg, gula pasir kualitas medium Rp12.500/kg, daging ayam potong Rp32.000/kg, dan telur ayam negeri Rp21.000/kg.

Terkait kondisi tersebut, Kepala Dinas Perindustrian Perdagangan dan Koperasi (Dinperindagkop) Cilacap Dian Arinda Murni mengatakan bahwa hal itu biasa terjadi setiap kali menjelang bulan Ramadhan dan Hari Raya Idul Fitri.

Menurut dia, kenaikan harga yang terjadi pada sejumlah kebutuhan pokok masyarakat itu masih relatif wajar. “Kami akan terus memantau perkembangan harga maupun ketersediaan kebutuhan pokok masyarakat di pasar termasuk distributor,” katanya. (In)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top