HE Solusi Tepat Cegah Abrasi di Sayung – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

HE Solusi Tepat Cegah Abrasi di Sayung

DEMAK, RAJA – Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) Republik Indonesia melalui Direktorat Pesisir dan Lautan melakukan sosialisasi Hybrid dan Engineering (HE) dan revitalisasi pesisir Pantai Utara di Balai Serbaguna Desa Timbulsloko, Kecamatan Sayung, Kabupaten Demak, Senin (15/6).

Kegiatan tersebut sebagai bentuk pembinaan dan pemeliharaan terhadap laut Jawa yang dimulai dari Banten, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Jawa Timur.
Enggar Sudtopo Kepala Seksi Mitigasi Bencana dari Direktorat Pesisir dan Lautan KKP RI menjelaskan HE merupakan konsep inovatif yang berusaha bekerjasama dengan alam untuk mengembalikan proses hilangnya sedimen bibir laut.
Saat ini banyak ditemukan pantai Indonesia yang tererosi secara dramatis. Enggar menambahkan bahwa HE selain dapat menahan ombak, juga berperan untuk menahan lumpur yang terbawa oleh ombak. Sehingga kedepannya dapat terbentuk daratan dan nantinya ditanami tumbuhan jenis mangrove.
“Hybrid Engineering sangat cocok sekali di wilayah pesisir Sayung yang terkena abrasi, dikarenakan pesisir laut Sayung bermuatan lumpur, jadi HE selain dapat mengurangi tekanan ombak juga dapat menjadikan terbentuknya daratan pantai,” kata Enggar kepada Rakyat Jateng.
Sementara Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Demak Hari Adi Susilo, MSi menuturkan program Hybrid Engineering saat ini baru diaplikasikan di Kecamatan Sayung khususnya di Desa Timbulsloko.
Diharapkan dengan adanya HE di wilayah yang terkena abrasi dapat menjadi banper bagi daerah pesisir yang tergerus erosi dan selain itu dapat menangkap sedimen serta selanjutnya ditanami mangrove.
Hari juga mengaku bahwa Hybrid Engineering untuk saat ini solusi tepat cegah abrasi, selain biayanya lebih ringan juga mempermudah masyarakat untuk turut serta merawatnya dan memeliharanya. (fiz)

To Top