IAS Laporkan Penyidik KPK ke Bareskrim – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Hukum

IAS Laporkan Penyidik KPK ke Bareskrim

JAKARTA – Mantan Walikota Makassar, Ilham Arief Siradjuddin (IAS) kembali ditetapkan oleh Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) untuk yang kedua kalinya. Padahal, sebelumnya penetapan tersangka IAS telah dibatalkan dalam sidang Praperadilan yang dimenangkan oleh IAS atas KPK.

Terkait dengan penetapan tersangka IAS untuk yang kedua kalinya, pihaknya pun menyampaikan beberapa hal terkait dengan langkah-langkah apa yang akan diambil pasca penepatan tersangkanya yang kedua kali ini.

“Kami akan menempuh praperadilan. Sesegera mungkin. Karena kami percaya bahwa mekanisme tersebut dilindungi oleh UU. Bagaimana persiapan dan apa yang akan kami tuangkan sebagai materi gugatan ditentukan oleh kuasa hukum,” jelas IAS dalam rilis yang diterima Fajar Online, Senin (15/6).

Lebih lanjut, untuk persoalan ini, secara tegas dirinya mengatakan setelah melalui kajian dengan tim kuasa hukum, pihaknya mendapat gambaran bahwa prosedur dan mekanisme penetapan tersangka kali ini terkesan sangat dipaksakan. “Jauh lebih dipaksakan (penetapan tersangka kedua) dibandingkan proses sebelumnya, yang saya menangkan di praperadilan,” tukasnya.

Mengenai isi dan materi gugatan praperadilan tersebut, pihaknya akan membeberkan dalam persidangan praperadilan nanti.

Dalam persoalan ini, IAS pun bersama kuasa hukumnya melaporkan salah satu penyidik KPK ke Bareskrim Polri. Laporan tersebut dilakukan atas dugaan pemberian keterangan palsu dan penyalahgunaan wewenang yang dilakukan oleh penyidik KPK itu.

“Laporan tersebut adalah respons terhadap KPK yang sudah terlalu menganiaya saya. Saya adalah korban kesewenang-wenangan KPK. Upaya tersebut sekaligus sebagai penghargaan dari kuasa hukum kami kepada semua pihak yang menyarankan untuk menempuh langkah ini,” ujarnya.

Menanggapi soal keinginan melaporkan balik sejumlah pihak yang sudah melaporkan atau yang memberatkannya dengan dugaan pencemaran nama baik, saat ini pihaknya masih mengkajinya.

“Saya akan menyampaikan sikap saya selanjutnya terkait hal ini. Sementara ini kami akan fokus pada praperadilan dan laporan pada Polri soal Bareskrim tersebut,” tambahnya.

Dalam kesempatan itu, IAS kembali meminta dukungan kepada seluruh masyarakat Sulsel agar tak henti-hentinya tetap mendoakannya agar bisa melalui ujian berikutnya ini. “Karena sesungguhnya saya hanya bisa berusaha dan Allah lah yang menentukan segala-galanya,” pinta IAS. (hrm)

Click to comment
To Top