Jantung Bocor, Bayi Azka Butuh Uluran Tangan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jantung Bocor, Bayi Azka Butuh Uluran Tangan

KLATEN, RAJA – Sekilas, tak ada yang aneh dengan keriangan Selena Azka Zain. Bayi yang genap berusia dua tahun pada Selasa (16/6) mendatang kerap tersenyum ketika melihat tingkah temannya yang bermain bersamanya.

Namun, dibalik keceriaanya, Azka harus berjuang melawan penyakit yang ia idap. Sejak usia lima bulan, dia didiagnosa dokter mengalami jantung bocor (kelainan pada struktur jantung yang mengakibatkan terjadinya lubang di sekat jantung). “Ketahuan kena jantung bocor itu saat usia lima bulan. Kata dokter ini penyakit bawaan,” jelas Zaenal, ayah Azka di rumah mereka yang beralamat di Dukuh Tegalsari, Desa Belangwetan, Klaten Utara.

Kondisi itu membuat Azka tak bisa beraktivitas seperti bayi normal seusianya. Pertumbuhannya terlambat serta kerap muntah ketika batuk. “Tentu saja kalau bermain dengan teman sebayanya dia yang paling tidak kuat pertahanan tubuhnya,” ungkapnya.

Berbagai upaya pun sudah dilakukan mulai dari pengobatan medis hingga alternatif. Namun, pengobatan yang dilakukan selama ini tak membuahkan hasil. “Bocornya itu ada sekitar 1 sentimeter. Kebocoran tidak memungkinkan menutup kalau hanya pakai obat. Untuk sembuh total harus melalui operasi di Rumah Sakit Harapan Kita Jakarta,” urai dia.

Pekerjaan Zaenal, sebagai buruh serabutan dengan penghasilan yang tak menentu serta pas-pasan membuat bayi itu tak kunjung dioperasi. Apalagi, untuk melakukan operasi Azka minimal berada di Jakarta selama satu bulan. “Sebelum operasi itu Azka secara rutin diperiksa oleh dokter sekitar satu bulan. Ini yang menjadi kendala, karena selama satu bulan di sana juga butuh biaya untuk hidup. Kami tidak memiliki saudara yang tinggal di Jakarta,” ungkapnya.

Alhasil, Zaenal dan istrinya, Sekar hanya bisa pasrah dan terus melakukan pengobatan seadanya meski tak menyembuhkan putri mereka. “Inginnya anak saya sembuh seperti anak seusianya yang sehat,” kata Zaenal. (Sp)

loading...
Click to comment
To Top