Legislator Gowa Dukung Hapus Pelajaran Membaca di SD – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Legislator Gowa Dukung Hapus Pelajaran Membaca di SD

FAJARONLINE, GOWA — Rencana pemerintah kabupaten Gowa untuk menghapus pelajaran membaca, menulis dan berhitung di kelas 1 dan kelas 2 sekolah dasar mendapat dukungan legislator. Dukungan itu datang dari wakil ketua DPRD Gowa, Hamli Halim.

Legislator Gerindra ini mengaku jika kebijakan itu bisa saja dilakukan oleh eksekutif. Hanya saja, dia berharap agar kebijakan itu bisa berupa peraturan daerah (Perda) sehingga melibatkan DPRD dalam pembahasannya.

“Kalau dia diPerda-kan, maka akan ada naskah akademik. Naskah akademik ini pasti disusun oleh orang-orang yang berkompeten,” jelas dia.

Hamli mengatakan, wacana untuk menghapus mata pelajaran itu memang bisa diterima secara logika. Sejumlah pakar memang menyebut pada usia itu, anak tidak boleh dibebani dengan pelajaran yang berat.

“Mereka memang harus bermain. Tetapi bermain seperti apa? Itu harus dikaji dulu,” jelas dia.

Pemerintah kabupaten Gowa akan menghapus mata pelajaran membaca, menulis dan berhitung di kelas 1 dan kelas 2 sekolah dasar (SD). Demi mendukung kebijakan itu, Pemkab Gowa akan berdiskusi dengan lima profesor pakar pendidikan.

“Saya akan berdiskusi dengan lima orang profesor untuk mengutarakan pemikiran saya ini,” kata bupati Gowa, Ichsan Yasin Limpo melalui rilisnya, pagi ini.

Ichsan menilai, usia tiga hingga delapan tahun tidak boleh dibebani dengan beratkan pelajaran seperti itu. Menurutnya, pada usia itu, anak-anak cukup bermain saja untuk membuka otak “Komputer” mereka.

“Ini perlu untuk membuka “komputer” dalam kepala mereka,” jelas dia. (eka)

Click to comment
To Top