Mudik Gunakan Mobil Dinas, Yuddy : Mubazir Kalau Pakai Taxi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Mudik Gunakan Mobil Dinas, Yuddy : Mubazir Kalau Pakai Taxi

JAKARTA – Pegawai Negeri Sipil (PNS) khususnya yang memiliki kendaraan dinas bisa tersenyum lega. Pasalnya, Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Yuddy Chrisnandi membolehkan para PNS untuk mudik lebaran menggunakan kendaraan dinas.

Hal itu tentunya sangat bertolak belakang dengan kebijakan-kebijakan yang dikeluarkan Yuddy selama ini. Dimana, Yuddy selama menjadi Menteri sangat getol menyuarakan efisiensi dan penghematan dalam penyelenggaraan pemerintahan tiba-tiba menyampaikan kabar mengejutkan.

Yuddy mengatakan, justru mengizinkan penggunaan mobil dinas akan membantu meringankan beban PNS yang hendak mudik, terutama yang punya banyak anggota keluarga. Menurutnya, tak ada yang salah dengan kebijakan itu.

“Bisa dibayangkan biayanya. Daripada menggunakan pesawat atau kereta yang biayanya cukup mahal, kan lebih baik menggunakan apa yang ada,” ujar Yuddy saat ditemui usai mengikuti istighotsah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (PBNU) di Masjid Istiqlal, Minggu (14/6).

Yuddy menjelaskan, penggunaan mobil dinas untuk mudik itu sama dengan saat digunakan mengantar berobat saat ada anggota keluarga PNS yang sakit. Atau, digunakan untuk mengantar anak sekolah karena kebetulan jaraknya berdekatan atas searah dengan lokasi kerja PNS yang mendapat fasilitas mobil dinas.

“Kan akan mubazir jika pakai taksi. Mobil dinas itu diberikan pada pegawai pemerintah untuk memudahkan mobilitas yang mendukung kegiatan-kegiatannya dan kepentingan lain yang bermanfaat,” papar guru besar di Universitas Nasional itu.

Meski demikian Yuddy juga wanti-wanti bahwa PNS yang diizinkan mudik denga mobil dinas memang tidak memiliki kendaraan pribadi. “Jika ada mobil pribadi, tapi mobil dinas yang digunakan untuk hal-hal pribadi, itu baru tidak etis,” tegasnya. (mia/end/jpnn)

To Top