Mudik Pakai Kendaraan Dinas, KemenPAN-RB Siapkan Surat Edaran – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Mudik Pakai Kendaraan Dinas, KemenPAN-RB Siapkan Surat Edaran

JAKARTA – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Yuddy Chrinsandi sudah mengizinkan para pejabat PNS untuk menggunakan kendaraan dinas saat mudik lebaran nantinya. Bahkan, saat ini KemenPAN-RB tengah menggodok surat edaran yang mengatur soal itu.

Hal tersebut dilakukan sebagai respon atas wacana yang dilontarkan Yuddy Chrisnandi yang mengizinkan PNS menggunakan mobil dinas untuk mudik demi meringankan beban.

Kepala Biro Hukum, Komunikasi dan Informasi Publik (KIP) Kementerian PAN-RB Herman Suryatman mengatakan, kebijakan itu masih dirumuskan. Menurutnya, ada beberapa hal yang perlu datur secara rinci. Misalnya, mengenai persyaratan penggunaan dan tanggung jawab ketika terjadi kerusakan atau kecelakaan.

“Nanti secara detail akan ada dalam surat edaran. Ditunggu saja,” katanya, Minggu (14/6).

Herman menuturkan, kebijakan penggunaan mobil dinas untuk mudik ini dilakukan setelah berkaca dari aturan sebelumnya. Menurutnya, meski sebelumnya secara tegas dilarang, namun nyatanya banyak yang sembunyi-sembunyi melanggar.

Sebab, mereka tetap pulang ke kampung halaman dengan menggunakan mobil negara. “Jadi daripada digunakan sembarangan, baiknya diatur saja,” ungkapnya. (jpnn)

Click to comment
To Top