NasDem Tolak DPR Awasi BIN, Lantas Siapa yang Mengawasi? – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

NasDem Tolak DPR Awasi BIN, Lantas Siapa yang Mengawasi?

JAKARTA – Komisi I DPR tengah menyiapkan pembentukan Tim Pengawas Intelijen sebagai amanat UU Nomor 17 Tahun 2011 tentang Intelijen serta UU MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Peraturan DPR tentang tim ini juga telah disiapkan.

Namun rencana ini mendapat penolakan dari kubu Surya Paloh di gedung dewan, Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem).

“Kami rasa gak perlu pengawasan yang banyak. BIN gak perlu diawasi. Namanya intelejen mengapa diawasi. Kalau BIN ya gak bisa diawasi. Presiden yang mengawasi,” kata Ketua Fraksi NasDem di DPR, Victor Laiskodat, Senin (15/6).

Karena itu pihaknya memandang pembentukam tim pengawas intelijen tidak diperlukan karena itu bisa membuat bingung BIN dalam menjalankan tugas pokok dan fungsinya.

Viktor juga menyebutkan kalau dibentuk tim pengawas lagi apa kerjanya Komisi I DPR yang selama ini menjadi mitranya komisi tersebut.

“Kalau DPR sudah membentuk lembaga pengawas (lagi) apa urusannya Komisi I. Kan BIN itu mitra kerjanya Komisi I. Ditugaskan untuk melakukan pembahasan kerja. Membahas segala aspek intelejen. Ya di Komisi I. Jadi gak perlu badan yang lain,” tandasnya. (fat/jpnn)

Click to comment
To Top