Opini dari BPK Turun, Siap-Siap Disanksi! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Opini dari BPK Turun, Siap-Siap Disanksi!

JAKARTA – Beberapa hari yang lalu Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) telah mengumumkan hasil pengelolaan keuangan di instansi daerah maupun pusat. Dari hasil pemeriksaan BPK, banyak instansi yang pengelolaan keuangannya menurun lantaran akuntabilitas kinerjanya kurang.

Olehnya itu, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB), Yuddy Chrisnandi mewanti-wanti kepada seluruh  instansi yang sudah mendapat tunjangan kinerja (tukin) namun opini dari BPK turun, siap-siap tidak bisa menikmati kenaikan.

Pasalnya, Yuddy bakal memberikan sanksi tegas bagi instansi yang opini dari BPK-nya turun. “Jadi tidak hanya yang oponi disclaimer yang dapat sanksi. Yang turun nilainya juga diberikan sanksi,” kata Yuddy, Minggu (14/6).

Sanksi bagi instansi yang turun dari wajar tanpa pengecualian (WTP) ke wajar dengan pengecualian (WDP), kata Yuddy, sebagai bukti komitmen pemerintah mendukung upaya BPK dalam menciptakan pengelolaan keuangan yang akuntabel.

“Anggaran yang dikelola instansi sumbernya dari rakyat, karenanya pertanggungjawabannya harus jelas juga. Jangan sampai dana-dana yang dikelola itu tidak digunakan sesuai kebutuhan rakyat,” bebernya.

Bagi instansi yang tetap mempertahankan opini WTP ataupun naik misalnya dari disclaimer ke WDP, WDP ke WTP, rewardnya adalah peningkatan tukin.

“Peningkatan opini dari BPK, akan menjadi dasar pertimbangan dalam penentuan besaran tukin yang sudah diajukan instansi. Selain itu, akuntabilitas kinerja,” tandasnya.

Yuddy menyebut, BPK telah menurunkan opini sejumlah instansi lantaran akuntabilitas kinerjanya kurang. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top