Tegas! NasDem Tolak Dana Aspirasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Tegas! NasDem Tolak Dana Aspirasi

JAKARTA – Ternyata tidak seluruhnya Fraksi yang berada di DPR menyetujui dana aspirasi sebesar Rp 20 Miliar per anggota yang masuk dalam RAPBN 2016. Salah satunya Fraksi Partai Nasional Demokrat (NasDem). Sikap tegas itu didasarkan banyak pertimbangan. Salah satunya ialah bertentangan dengan fungsi DPR.

Ketua Fraksi NasDem di DPR, Viktor Laiskodat mengatakan, ada penafsiran yang salah terhadap pasal 78 UU Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (MD3). Pasal itu terkait sumpah jabatan anggota DPR yang akan memperjuangkan aspirasi dapilnya.

Selain itu, ada juga tafsir yang salah terhadap pasal 80 huruf J UU MD3 yang menyebutkan anggota DPR berhak mengusulkan dan memperjuangkan program pembangunan daerah pemilihan.

“Dalam hal melaksanakan fungsi anggaran, menurut Fraksi Nasdem tidak perlu orang per orangan mengusulkan dan memiliki budget tersendiri (Rp 20 miliar) yang menimbulkam kerancuan anggaran,” kata Viktor, Senin (15/6).

Dia menilai, Usulan Program Aspirasi Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) tidak memberikan aspek keadilan dan pemerataan pembangunan. Ini didasarkan tidak meratanya perolehan dana per daerah mengacu perbedaan jumlah anggota masing-masing dapil.

NasDem juga memandang program ini sangat berpotensi menimbulkan peluang terjadinya penyelewengan penggunaan anggaran. “Dengan demikian Fraksi Partai NasDem DPR menolak untuk dilanjutkan program aspirasi pembangunan daerah pemilihan yang tidak memiliki dasar yang kuat,” tandas Viktor. (fat/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top