Indonesia Senang Tiongkok Dorong Konsumsi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Indonesia Senang Tiongkok Dorong Konsumsi

FAJARONLINE, JAKARTA — Pemerintah Tiongkok mengeluarkan kebijakan baru di bidang perdagangan. Mereka memberikan potongan tarif impor hingga 50 persen untuk beberapa barang consumer goods seperti pakaian, garmen berbulu, diapers serta produk perawatan kulit.

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Nus Nuzulia Ishak mengatakan, kebijakan Tiongkok dapat menjadi peluang penting bagi Indonesia. Menurut Nus, kebijakan yang diterapkan Pemerintah Tiongkok mulai 1 Juni 2015 ini dimaksudkan untuk mendorong konsumsi domestik dan meningkatkan impor demi memenuhi kebutuhan konsumen dalam negerinya.

Tarif impor untuk pakaian dan garmen berbulu turun 7 persen-10 persen dari sebelumnya 14 persen-23 persen. Sepatu boots dan sepatu olahraga turun menjadi 12 persen dari 22 persen-24 persen serta diapers dan kosmetik menjadi 2 persen dari 5 persen. Penurunan tarif impor ini memberikan kesempatan kepada seluruh eksportir di dunia untuk meningkatkan ekspor produk consumer goods unggulan mereka ke Tiongkok. (mer/zul)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 16 Juni 2015

loading...
Click to comment
To Top