Ini Kata Das’ad Latif Tentang Ramadan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Kata Das’ad Latif Tentang Ramadan

FAJAR ONLINE, MAKASSAR — Bulan Ramadan yang ditunggu-tunggu segera tiba. Keutamaan bulan itu telah banyak disampaikan alim ulama, yang tentu sangat berharga untuk dilewatkan begitu saja. Karena itu, umat muslim idealnya paham bagaimana menyambut dan menghadapi bulan Ramadan dengan penuh manfaat.

Ulama dan akademisi Unhas, Das’ad Latif menjelaskan Ramadan biasa disebut dengan pelbagai nama. Selain disebut bulan puasa, dimana muslim diwajibkan berpuasa pada bulan tersebut, Ramadan juga disebut sebagai bulan penghapus dosa. Tetapi sebelum masuk Ramadan kita sudah harus bersih dengan bermaaf-maafan.

“Selain itu, Ramadan juga disebut bulan keluarga. Kesempatan untuk mendekatkan diri dengan anggota keluarga dengan buka puasa, sahur, dan tadarusan bersama,” beber Das’ad.

Yang tidak boleh dilupa adalah memperbanyak belajar Islam utamanya fikih puasa. Hal tersebut penting karena diterimanya suatu amalan apabila dikerjakan dengan benar dan sesuai syariat. Kewajiban puasa sebelumnya juga harus diselesaikan.

“Jika masih ngutang puasa dan belum dibayar maka dikenakan fidyah yakni memberi makan fakir miskin satu orang per hari sesuai yang kita makan,” urainya.

Terakhir, penulis tafsir Al Misbah Prof Quraish Shihab dalam situs resminya menjelaskan, puasa adalah kewajiban yang telah ditetapkan terhadap umat-umat yang lalu. Surah al-Baqarah: 183 menyebut kewajiban berpuasa tanpa menyebut siapa yang mewajibkannya.

“Ini untuk mengisyaratkan bahwa seandainya bukan Allah swt. yang mewajibkannya, maka manusia sendiri akan melaksanakannya setelah mengetahui betapa besar manfaatnya. Puasa yang diajarkan al-Qur’an dapat membuahkan kesucian jiwa, keikhlasan dan ketulusan, serta pengawasan diri dan ketakwaan kepada Allah swt,” tulis Prof Quraish. (ris/wik)

To Top