Jokowi Minta Laporan Kerja Menteri, Tapi tak Boleh Lebih Dua Halaman – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Jokowi Minta Laporan Kerja Menteri, Tapi tak Boleh Lebih Dua Halaman

JAKARTA – Para menteri di Kabinet Kerja Joko Widodo – Jusuf Kalla bakal disibukkan dengan penyusunan laporan kerja selama menjabat sebagai menteri, atau selama enam bulan terakhir.

Selain itu, Presiden Jokowi juga meminta seluruh kementerian dan lembaga menyampaikan laporan rencana kerja enam bulan mendatang. Hal itu diungkapkan Jokowi dalam pengantar sidang kabinet di Kantor Presiden, Jakarta, Senin (15/6).

“Saya minta seluruh kementerian dan lembaga menyampaikan laporan yang telah dicapai enam bulan mulai November sampai April,” kata Jokowi mengawali sidang.

Ia meminta laporan kinerja disusun secara rinci dan disampaikan dalam dua hari ini. “Penyampaian rencana program enam bulan ini harus disampaikan secara rinci, tetapi tidak lebih dari dua halaman,” ujar Kepala Negara.

Jokowi juga meminta laporan tentang tindak lanjut hasil rapat terbatas tentang penggunaan produk dalam negeri oleh kementerian, lembaga dan badan usaha milik negara.

“Saya juga ingin menyampaikan kepada seluruh kementerian, lembaga, terutama BUMN, dalam rangka strategi mengurangi produk dan barang-barang impor, kementerian lembaga agar menginventarisasi daftar kebutuhan barang,” imbuhnya.

Jokowi juga meminta kementerian, lembaga dan BUMN terlebih dulu mencari barang pengganti yang bisa dibuat di dalam negeri jika perlu mengimpor barang.  “Setelah ini ketemu (ada barang pengganti), Menteri Perindustrian harus bisa mencarikan solusinya dimana barang ini diproduksi,” terangnya.

“Di Batam sudah punya kualitas bagus, kuantiti bagus, kapasitasnya gede tapi hanya terpakai 40 persen gara-gara kementerian lembaga dan BUMN impor,” kata Jokowi menambahkan tentang pabrik pipa di Batam.

Seperti dikabarkan Humas Setkab, hadir dalam sidang itu Wakil Presiden Jusuf Kalla, Panglima TNI Jenderal Moeldoko dan para Menteri Kabinet Kerja. (rus/RMOL)

loading...
Click to comment
To Top