Keluarga Petahana Bisa Ikut Pilkada, Ini Syaratnya – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Keluarga Petahana Bisa Ikut Pilkada, Ini Syaratnya

FAJARONLINE, MAKASSAR – Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPU) mengizinkan keluarga petahana bisa mencalonkan diri pada pilkada serentak Desember 2015 mendatang. Dalam artian, masa jabatan petahana berakhir sebelum masa pendaftaran calon. Keputusan itu dituangkan dalam surat edaran KPU nomor 302/KPU/VI/2015 yang ditujukan ke KPU provinsi dan kabupaten/kota tertanggal 12 Juni 2015.

Dalam surat edaran itu disebutkan, petahana gubernur, wakil gubernur, bupati, wakil bupati, wali kota atau wakil wali kota yang masa jabatannya berakhir sebelum masa pendaftaran tidak termasuk dalam pengertian petahana pada ketentuan pasal 1 angka 19 dalam PKPU Nomor 9 Tahun 2015. Hal itu turut berlaku bagi kepala daerah yang mengundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir sebelum masa pendaftaran, atau berhalangan tetap sebelum masa jabatannya berakhir dan terjadi sebelum masa pendaftaran.

Di 11 pilkada se-Sulsel, tak satu pun kepala daerah yang masa jabatannya berakhir bulan depan atau sebelum pendaftaran yang dijadwalkan KPU pada 26 Juli. “Kalau misalnya kepala daerah mau mengundurkan diri, kan tidak mudah. Apalagi hanya menyisakan kepemimpinan yang tersisa beberapa bulan. Ini sangat politis kalau mundur sekarang,” ujar Komisioner KPU Sulsel, Khaerul Mannan, Senin kemarin 15 Juni.

Menurut dia, surat edaran KPU pusat itu bertujuan memperjelas yang mana dimaksud sebenarnya petahana yakni kepala daerah atau wakil kepala daerah yang sementara menjabat. “Surat itu menjelaskan golongan yang tidak masuk dalam petahana yakni pertama masa jabatannya berakhir sebelum masa pendaftaran, kedua memundurkan diri sebelum masa jabatannya berakhir serta belum masuk pendaftaran, ketiga meninggal dunia sebelum masa jabatanya berakhir serta sebelum masa pendaftaran,” demikian Khaerul. (jai)

loading...
Click to comment
To Top