Mantan Pansek PN Barru Divonis 3 Tahun Bui – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Mantan Pansek PN Barru Divonis 3 Tahun Bui

FAJARONLINE, MAKASSAR – Mantan Panitra/Sekretaris (Pansek) Pengadilan Negeri Barru, M Azikin divonis tiga tahun penjara, denda Rp150 juta subsider sebulan kurungan di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Makassar, Selasa 16 Juni. Majelis hakim yang diketuai Suparman menyatakan terdakwa terbukti secara sah dan meyakinkan melakukan tindak pidana korupsi. “Terdakwa melanggar pasal 8 Undang-undang tindak pidana korupsi, berupa pegawai negeri menggelapkan uang dalam jabatan,” ujarnya.

Tidak hanya hukuman penjara, terdakwa juga dibebankan mengganti uang kerugian senilai Rp90.500.000. Jika hal tersebut tidak dilakukan, maka diganti hukuman penjara selama enam bulan. M Azikin terbukti bersalah setelah menggelapkan uang barang bukti sebesar R90.500.000 untuk kepentingan pribadi. “Dia simpan uang itu di rekeningnya kemudian dipakai,” ungkap Suparman.

Dalam putusan juga dijelaskan saat itu, terdakwa merupakan panitra/sekretaris Pengadilan Negeri Barru 2008-2009. Perbuatan terdakwa tersebut kemudian dilaporkan atasannya. Hal yang memberatkan terdakwa tidak mendukung program pemerintah dalam pemberantasan tindak pidana korupsi. Sebaliknya hal meringankan menurut majelis hakim, terdakwa sopan dan kooperatif selama persidangan.

Jaksa Muhith Nur mengatakan, sebelum kasus itu bergulir di pengadilan, terdakwa diberi kesempatan mengembalikan uang tersebut. Namun hingga batas waktu yang diberikan tidak kunjung dikembalikan. Maka atasannya melaporkan persoalan tersebut ke polisi. “Mengenai putusan, kami pikir-pikir dulu,” tuturnya. Hal sama ditempuh terdakwa. “Saya juga masih pikir-pikir atas putusan tersebut. (ida)

loading...
Click to comment
To Top