Melintas di Bandara Juanda, Pesawat Musuh ‘Dibom’ – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Melintas di Bandara Juanda, Pesawat Musuh ‘Dibom’

SURABAYA – Warga sekitar Bandara Juanda dikejutkan dengan suara dentuman bom. Bom tersebut berasal dari Bandara Internasional Juanda. Kepulan asap tebal pun mulai menyelimuti langit di kota Pahlawan itu, kemarin (15/6).

Kepulan asap itu muncul sebagai imbas geladi demo udara HUT Pusat Penerbangan TNI-AL (Puspenerbal) di apron hanggar Pangkalan Udara TNI-AL (Lanudal) Juanda. Kepulan asap tersebut berasal dari kebakaran ilalang yang tidak terhindarkan setelah latihan pengeboman pesawat udara musuh.

Meski begitu, para pengguna jalur itu dipastikan tidak terganggu. ”Jauh hari sebelum latihan ada notam (notice to airmen) antara pukul 10.20 sampai 10.50 dipakai demo pesawat udara (militer),” ungkap GM Angkasa Pura (AP) I Juanda Yanus Suprayogi.

Dia menegaskan, tidak ada komplain dari pengguna jasa bandara di Sedati, Sidoarjo, yang membawahkan terminal 1 dan terminal 2. Mantan co-GM AP 1 Juanda itu turut mengerahkan sejumlah armada pemadam kebakaran.

Hal senada dilontarkan Ketua Perum LPPNPI (Airnav) Cabang Surabaya Nur Hasan. ”Permohonan notam berlaku antara pukul 07.00-16.00. Praktiknya situasional sekitar 30 menit tidak sampai siang,” tutur Nur.

Berbagai rangkaian kegiatan dihelat dalam rangkaian HUT Ke-59 Puspenerbal yang diperingati setiap 17 Juni itu.

Selain demo udara gabungan unsur rajawali laut, TNI-AD, dan TNI-AU, mereka menjadwalkan sejumlah acara. Di antaranya, pembrevetan penerbang ke KSAL Laksamana TNI Ade Supandi serta peresmian Museum Penerbangan TNI-AL dan gedung Jalasenastri Korcab I Puspenerbal Gabungan Mabesal. (sep/ayi/mas/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top