Mendongeng Membentuk Karakter Anak – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Mendongeng Membentuk Karakter Anak

UNGARAN, RAJA – Kebiasaan mendongen pada era tahun 1990 yang dilakukan orangtua kepada buah hatinya di saat akan tidur, nampaknya sudah tidak berlaku pada era tahun milenium seperti sekarang ini. Hal tersebut sangat disayangkan oleh Pemuda Pelopor Indonesia, mengingat mendongeng dapat membentuk karakter dan kepribadian anak.

“Karena dongeng dan cerita rakya tersebut sarat petuah, nasehat bahkan nilai-nilai hidup khas bangsa ini. Ini penting untuk mengembalikan karakter anak bangsa,” ungkap Ketua Umum Pemuda Pelopor Nasional, Rita Widyasari, saat menghadiri acara Indonesia Mendongeng yang berlangsung di pelataran Candi Gedong Songo, Kabupaten Semarang, Senin (15/6).

Semakin bertambah pesatnya perkembangan teknologi informasi dan semakin meluasnya digital society tanpa ada batasan ditambah kesibukan orangtua, menjadikan mendongeng pupus di makan zaman. Oleh sebab itu pihaknya akan melakukan langkah untuk mengembalikan kejayaan mendongeng.

“Mendongeng merupakan cara yang populer dalam menularkan pendidikan budi pekerti, nilai-nilai kehidupan dan kebanggaan kepada bangsa sendiri,” ucap Rita Widyasari, yang juga Bupati Kutai Kartanegara ini.

Dalam kegiatan tersebut, Pemuda Pelopor Indonesia menghadirkan 13 doger (sebutan pendongeng) yang dihadirkan dari berbagai provinsi di seluruh Indonesia, yang sekaligus merupakan para juara pendongeng di Indonesia.

“Kita inginnya ada semacam program pencarian bakat mendongeng di televisi, seperti halnya acara pencarian bakat menyanyi yang sekarang ini marak di layar kaca nasional. Karena mendongeng ini ternyata membutuhkan talent yang luar biasa,” terang Rita.

Sementara itu Ketua Dewan Pembina Komnas Perlindungan Anak, Seto Mulyadi, yang juga menghadiri acara Indonesia Mendongeng, mengatakan, bahwa dirinya sepakat dengan upaya-upaya yang telah dilakukan Pemuda Pelopor Indonesia dengan membuat kegiatan melalui Indonesia Mendongeng.

“Mendongeng adalah hal yang positif bagi anak-anak kita sekarang ini, karena mendongeng bisa memberikan pesan moral dan petuah hidup demi perubahan bangsa indonesia,” pungkas pemeran si Komo ini. (wis)

To Top