Netralitas Sutiyoso Dipertanyakan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Netralitas Sutiyoso Dipertanyakan

JAKARTA – Presiden Joko Widodo telah menunjuk calon kandidat tunggal Kepala Badan Intelijen Negara (BIN). Sutiyoso alias Bang Yos ditunjuk ditunjuk mengisi jabatan tersebut. Selain itu, kandidat calon Panglima TNI juga sudah diusulkan, yakni Jenderal Gatot Nurmantyo untuk menggantikan Jenderal TNI Moeldoko.

Teknis proses uji kelayakan dan kepatutan (fit and proper est) bagi kedua calon tersebut sudah mulai digodok oleh Komisi I DPR RI.

“Kabin dari sebelumnya melewati itu, Marciano melalui proses fit and proper test di DPR. Presiden ajukan sama seperti Panglima, ini memang ketentuan untuk itu,” ujar Ketua Komisi I DPR RI Mahfudz Siddiq di gedung DPR RI, Senayan, Jakarta, Selasa (16/6).

Unsur netralitas menjadi salah satu kriteria yang harus dipenuhi dua calon tersebut adalah netralitas. Mahfudz mengaku sudah secara langsung menyampaikan perihal itu kepada Sutiyoso. Ini mengingat Bang Yos hingga saat ini masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI).

“Secara formal sudah bicara ke Bang Yos, amanat UU mengharuskan bekerja secara netral dan tidak partisan,” tegasnya. (ysa/RMOL)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top