Polisi Gagalkan CJH via Filipina – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Polisi Gagalkan CJH via Filipina

FAJARONLINE, PAREPARE — Kuota haji tahun ini sangat terbatas. Indonesia hanya mendapatkan jatah 155.200 orang. Padahal minat masyarakat melaksanakan rukun Islam kelima itu, sangat besar.

Hampir setiap tahun kuota yang disediakan pemerintah tak cukup. Daftar antrean calon jemaah haji makin panjang, ada yang mencapai 20 tahun. Melihat kuota terbatas dan peminat yang sangat besar, sejumlah oknum memanfaatkan kesempatan ini.

Berbagai agen-agen nakal bermunculan. Bahkan ada yang melakukan cara-cara ilegal dalam memberangkatkan CJH Indonesia asalkan membayar dengan biaya mahal.

Kemarin, Polres Parepare memeriksa pihak dari PT Batara Maiwa, agen perjalanan ibadah haji. Perusahaan tersebut diduga melanggar Undang-undang Nomor 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji. Mereka merekrut calon jemaah tanpa berkoordinasi dengan pemerintah.

Rencananya, 62 calon jemaah haji yang telah direkrut terlebih dahulu diberangkatkan ke Filipina untuk berlibur. Saat di Filipina, salah satu agen di sana menerbitkan paspor kewarganegaraan Filipina untuk jemaah ini. Selanjutnya mereka diberangkatkan ke Mekah. (syl/sap-ars)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 17 Juni 2015

loading...
Click to comment
To Top