Di Jawa Timur, Tahun Ini 3000 Guru Pensiun – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Di Jawa Timur, Tahun Ini 3000 Guru Pensiun

SURABAYA – Diperkirakan tahun ini Jawa Timur (Jatim) bakal nyaris kekurangan guru atau tenaga pendidik. Sebab, sekitar 3.000 guru se-Jatim bakal pensiun tahun ini. Namun, kekosongan itu dapat segera diatasi karena tingginya minat menjadi guru.

Kepala Bidang Pendidik dan Tenaga Kependidikan Dinas Pendidikan dan kebudayaan (Dikbud) Jatim Gatot Gunarso menjelaskan, angka pensiun 3.000 guru tersebut hampir sama dengan tahun lalu. Jumlah itu tersebar di 38 kabupaten/kota di Jatim. ”Tidak banyak perubahan dengan jumlah tahun lalu,” katanya.

Untungnya, lanjut Gatot, animo masyarakat untuk menjadi guru saat ini jauh lebih tinggi jika dibandingkan dengan beberapa tahun lalu. Tingginya animo masyarakat untuk menjadi tenaga pendidik tersebut diduga disebabkan adanya tunjangan profesi guru (TPG).

“Tunjangan yang tinggi membuat kesejahteraan guru membaik. Jadi, masyarakat lebih antusias,” ujarnya.

Wakil Rektor 1 Unesa Yuni Sri Rahayu menambahkan, beberapa tahun terakhir minat menjadi tenaga pendidik terus meningkat. Dia mencontohkan prodi yang sering diserbu masyarakat. Di antaranya, PGSD (pendidikan guru sekolah dasar), pendidikan matematika, dan pendidikan sastra Inggris. ”Jumlah pendaftar terus mengalami tren kenaikan dari tahun ke tahun,” terangnya.

Kenaikan itu terlihat pada jumlah pendaftar melalui SNM PTN (seleksi nasional masuk perguruan tinggi negeri) maupun SBM PTN (seleksi bersama masuk perguruan tinggi negeri). ”Jumlah pendaftar prodi tenaga pendidik mencapai angka 2.500 setiap tahun. Tapi, angkanya terus naik dari tahun ke tahun,” ujar Yuni. (bri/c6/ai/jpnn)

Click to comment
To Top