Mantan Kadis Pendidikan Selayar Dituntut 17 Bulan Bui – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Mantan Kadis Pendidikan Selayar Dituntut 17 Bulan Bui

FAJARONLINE, MAKASSAR – Kepala Dinas (Kadis) Sosial Kabupaten Kepulauan Selayar, Saharuddin dituntut satu tahun lima bulan (17 bulan) di Pengadilan Tipikor Makassar, Rabu 17 Juni. Terdakwa kasus dugaan korupsi itu juga didenda membayar Rp50 juta subsider sebulan bui.

Jaksa Yoga Pradilasanjaya dalam tuntutannya menilai terdakwa telah terbukti melakukan tindak pidana korupsi secara bersama-sama. Terdakwa juga dibebankan mengganti kerugian negara sebesar Rp135 juta atau diganti hukuman kurungan selama sebulan. Selain Saharuddin jaksa juga menuntut hukuman sama terhadap terdakwa lain, pejabat pelaksana teknis proyek tersebut, Sabaruddin.

Yoga mengatakan keduanya melanggar pasal 3 undang-undang pemberantasan tindak pidana korupsi. Mereka terbukti telah menyelewengkan uang negara dalam proyek pengadaan komputer beberapa sekolah di Selayar pada 2008 lalu. Menurut Yoga, proyek tersebut dianggarkan sebesar Rp960 juta yang bersumber dari Anggaran Pendapatan Belanja Negara. Temuan penyidik, perangkat komputer tidak sesuai spesifikasi yang ditentukan. Harga komputer juga diduga digelembungkan. Selain itu, proses pelelangan juga tidak sesuai undang-undang pengadaan barang dan jasa.

Terdakwa Saharuddin selaku Kepala Dinas Pendidikan dan kuasa pengguna anggaran saat itu memecah-mecah paket pekerjaan lalu menunjuk langsung rekanan. Padahal seharusnya proyek dikerjakan melalui proses pelelangan. Akibat perbuatan terdakwa berdasarkan hasil audit Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan Sulawesi Selatan negara merugi Rp135 juta. (ida)

loading...
Click to comment
To Top