Menperin Minta Gubenur Permudah Izin Investasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Menperin Minta Gubenur Permudah Izin Investasi

FAJARONLINE, JAKARTA – Menteri Perindustrian Saleh Husin mengatakan, pemerataan industri ke luar Jawa diyakini bakal makin cepat berwujud melalui kerja sama para gubernur. Paling utama ialah kemudahan perijinan usaha dan investasi.

“Investor berharap perijinan dipermudah dan agar industri pionir masuk yang diikuti industri pendukung, maka para gubernur memegang peran penting ikut mempermudah investasi,” ujarnya.

Saat ini, Kemenperin tengah mengembangkan 14 kawasan industri yang tersebar di Kalimantan, Sulawesi, Maluku, Papua Barat dan Sumatera.  “Para investor memperhitungkan beberapa faktor antara lain infrastrukur, kelancaran logsitik, tata ruang, dan sumber daya manusia,” ungkap Dirjen Pengembangan Perwi­layahan Industri (PPI) Kemenperin, Imam Haryono pada kesempatan yang sama.

Secara perlahan sektor industri pengolahan non migas mulai bergeser ke luar Pulau Jawa, yaitu dari 24,63 persen pada tahun 2008 menjadi 27,22 persen pada tahun 2013.  Bahkan,  pada 2014, pertumbuhan sektor industri non migas di luar Jawa sebesar 6,12 persen juga lebih tinggi dari pertumbuhan di pulau Jawa sebesar 5,42 persen.

Ketua Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) yang juga Gubernur Sulawesi Selatan Syahrul Yasin Limpo mengatakan, pihaknya mengapresiasi program pengembangan industri oleh Kemenperin.

Menurutnya, sinkronisasi dapat dipercepat dengan diskusi langsung antara pemerintah provinsi dengan pemerintah pusat seperti dengan Menteri Perindustrian ini. “Salah satunya, soal penyediaan cold storage bagi industri perikanan. Spesifikasi kebutuhan nelayan di daerah akan dikomunikasikan dengan Kemenperin agar kualitas tangkapan lebih baik dan mendorong industri olahan,” ujarnya.

loading...
Click to comment
To Top