Menperin Tawarkan Industri Gula ke Para Gubernur – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ekonomi & Bisnis

Menperin Tawarkan Industri Gula ke Para Gubernur

FAJARONLINE, JAKARTA – Impor gula yang masih berlangsung membuat Indonesia mesti mempercepat peningkatan produksi gula nasional. Selain dikonsumsi langsung oleh masyarakat, gula juga dibutuhkan oleh industri makanan minuman skala kecil hingga besar.

“Untuk itu, kami menggandeng para gubernur untuk percepatan produksi gula. Para investor tertarik masuk namun membutuhkan penyediaan lahan seluas 10 ribu hektar kebun tebu untuk menyuplai setiap satu unit pabrik gula,” kata Menteri Perindustrian Saleh Husin pada diskusi yang digelar Asosiasi Pemerintah Provinsi Seluruh Indonesia (APPSI) di Jakarta, beberapa waktu lalu.

Industri gula, lanjutnya, menjadi salah satu pendorong industri di daerah dan dapat menyerap aliran investasi hingga Rp 3 triliun. Sekaligus, penyebaran dan pemerataan industri nasional ke luar Jawa.

“Jadi, kami tawarkan industri gula ini tetapi para gubernur diharapkan mampu menyediakan lahan,” katanya sembari menjelaskan, konsep industri gula yang diiringi pembukaan kebun tebu seluas 10 ribu ha ini bakal memberi peluang kemitraan yang luas dengan para petani tebu lokal.

Pertumbuhan kebutuhan gula mencapai 6 persen per tahun dan bahkan di tahun 2015 ini diprediksi hingga 9 persen. Kebutuhan gula nasional diperkirakan 5,7 juta ton. Rinciannya 2,8 juta ton merupakan Gula Kristal Putih (GKP) untuk konsumsi masyarakat langsung dan 2,9 juta ton Gula Kristal Rafinasi (GKR) untuk industri.

Ia  juga menegaskan, pihaknya siap berkoordinasi dengan setiap pemerintah daerah. “Tujuannya agar kebutuhan industri di daerah sinkron dengan strategi Kementerian Perindustrian,” jelasnya

loading...
Click to comment
To Top