Pasar Murah Tekan Kenaikan Harga – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Pasar Murah Tekan Kenaikan Harga

UNGARAN – Guna mengendalikan harga kebutuhan pokok menjelang datangnya bulan suci Ramadhan 2015 nanti, Badan Ketahanan Pangan (BKP) Provinsi Jawa Tengah menggelar pasar murah dan pembagian sembako gratis kepada masyarakat, yang berlangsung di kantor BKP Provinsi Jawa Tengah, Selasa, (16/5).

Menurut Kepala BKP Provinsi Jawa Tengah, Whitono, bahwa diselenggarakan pasar murah untuk menekan kenaikan harga sembako yang berada di pasar atau pun di toko-toko yang menjual barang kebutuhan pokok. Selain membagikan 220 kupon gratis, dimana tiap kuponnya bisa ditukarkan dengan 3 kilo beras, 2 kilo gula pasir dan 1 liter minyak goreng, pasar murah kali ini juga menjual paket sembako bersubsidi. Paket tersebut berisikan 5 kilo beras, 2 kilo gula pasir dan 1 liter minyak goreng, yang dibandrol dengan harga Rp50 ribu.
“Pasar murah yang digelar kali ini juga menjual kebutuhan pokok lainnya dengan harga yang sangat murah, seperti telur Rp14 ribu per kilogramnya,” terang Whitono.
Dalam kegiatan pasar murah kali ini, BKP Provinsi juga bekerja sama dengan Pemerintah Kabupaten Semarang, dimana 900 kupon gratis sudah disebar di 16 kelurahan, baik di kota Semarang dan Kabupaten Semarang.
Mengingat masih banyaknya aksi borong kebutuhan barang pokok dalam jumlah yang besar (spekulan) menjelang Ramadan, pihak BKP Jateng akan melakukan pengawasan ketat terhadap aksi tersebut dengan cara menggelar pasar murah setiap minggunya.
“Saya imbau kepada spekulan agar tidak memainkan harga menjelang Ramadan dan lebaran kali ini,” tegas Kepala BKP Jateng.
Sesuai dengan tema kegiatan pasar murah, lanjut Whitono, tidak hanya digelar di kota -kota besar di Jawa Tengah saja, melainkan akan dilakukan di seluruh kabupaten/kota, jika hal tersebut diperlukan.
“Pasar murah akan kami gelar kembali pada tanggal 23 Juni di kota Solo dan tanggal 2 Juli di kota Semarang bawah,” ucap Whitono.
Sedangkan stok kebutuhan pokok di Jawa Tengah, hingga akhir lebaran nanti dipastikan aman. Karena itu, masyarakat diimbau untuk tidak panik dan mendorong sembako dalam jumlah yang banyak, karena hal tersebut yang akan menjadikan harga sembako menjadi naik, tukas Whitono. (wis)

loading...
Click to comment
To Top