Salim Mengga : Mau Tolak Sutiyoso, Jangan Asal Curiga! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Salim Mengga : Mau Tolak Sutiyoso, Jangan Asal Curiga!

FAJARONLINE, JAKARTA – Anggota Komisi I DPR RI Mayjen (Purn) Salim Mengga mengatakan  kemungkinan Komisi I menolak Sutiyoso sebagai calon Kepala Badan Intelejen Negara (BIN) itu selalu ada. Tapi kalau menolak juga harus punya alasan kuat yang rasional. Jangan asal curiga. Soalnya jika sal curiga atau selalu jangan-jangan begini, jangan-jangan begitu itu tidak bisa menjadi alasan yang kuat.

“Nah uji kelayakan ini untuk sebenarnya memperkecil prasangka-prasangka yang tidak menguntungkan, atau prasangka yang berlebihan,” ujarnya.

Saat ditanya siapa sosok alternatif pengganti Sutiyoso jika memang ia tidak lolos uji kelayakan nantinya, Salim menjawab bahwa kalau di Komisi I, pasti punya calon masing-masing dan akan berbeda pendapat, siapa yang paling tepat. Karena informasi orang-orang yang dianggap punya kemampuan untuk jadi kepala BIN berbeda-beda, tidak seragam.

“Kecuali dilakukan rapat yang disetujui oleh fraksi untuk menentukan satu orang yang dianggap tetap. Tetapi selama ini belum pernah dilakukan rapat. Harus tunggu dari presiden,” kata politisi asal Sulawesi Barat ini.

Secara pribadi Salim menilai ada beberapa orang yang punya kemampuan untuk jadi kepala BIN. Di antaranya Letjen (purn) Sjafrie Sjamsoedin. Selain punya pengalaman intelejen yang cukup, ia juga punya jabatan tinggi baik di lingkup TNI maupun di pemerintahan seperti mejadi Wakil Menteri Pertahanan (Menhan).

“Kalau saya melihat dia ya karena dia juga punya pengalaman intelejen yang cukup. Dia juga punya pengalaman. Hanya kelebihan untuk Pak Syafri dia lebih muda. Itu aja,” nilainya.

loading...
Click to comment
To Top