Tampil Buruk di SEA Games, KNPI Minta Evaluasi Total Olahraga Indonesia – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Sport

Tampil Buruk di SEA Games, KNPI Minta Evaluasi Total Olahraga Indonesia

JAKARTA – Perhelatan olahraga SEA Games telah berakhir. Penampilan Indonesia dalam ajang tahun ini sungguh sangat mengecewakan. Indonesia menempati urutan kelima, jauh dari yang ditargetkan Kemenpora yakni peringkat kedua.

Melihat penampilan Indonesia di ajang tersebut, Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI), Muhammad Rifai Darus (MRD) pun ikut mengomentari pencapaian Indonesia yang sangat mengecewakan itu. MRD pun meminta agar olahraga Indonesia harus dilakukan evaluasi secara menyeluruh.

“Evaluasi total dunia olahraga kita,” kata MRD kepada Fajar Online, Rabu (17/6).

Posisi juara umum diraih oleh Thailand yang disusul Singapura,Vietnam,Malaysia. MRD pun tak lupa menyampaikan ucapan selamat kepada Thailand yang telah berhasil menjadi Juara Umum Sea Games kali ini.

Lebih lanjut, dalam sebuah kompetisi kalah dan menang adalah sesuatu yang biasa, tetapi akan menjadi luar biasa jika Indonesia mampu menjadi pemenang dan mempertahankan kemenangan dalam kompetisi itu.  “SEA Games Singapura ini menjadi suatu catatan penting bagi dunia olahraga kita Indonesia. Sea Games menjadi cambuk bagi Bung Imam Nahrawi sebagai Menteri Pemuda dan Olahraga untuk terus memberikan bukti perjuangan yang terarah demi kemajuan dunia olahraga kita,” tambahnya.

Menurut MRD, dengan performa Indonesia seperti ini, jalan yang harus ditempuh adalah dengan melakukan pembenahan total didunia olahraga Indonesia. Hal itupun menjadi tanggungjawab bersama sebagai anak bangsa. KNPI menjadi bagian diusaha benahi total dunia olahraga Indonesia.

“Sekarang sudah saatnya kita bangkit dan bangga menjadi pemuda indonesia dari Sabang sampai Merauke untuk bersama-sama benahi olahraga prestasi kita. Mari kita bergandeng tangan untuk membuktikan bahwa negara kita adalah negara yang tangguh dan siap menjadi negara penghasil atlet yang mampu menghantarkan Indonesia menjadi pemenang pertama dalam SEA Games berikut,” pungkasnya.

MRD pun menyampaikan beberapa catatan penting agar dunia olahraga Indonesia kembali bergairah dan mampu menguasai ASEAN sebagai negara yang besar dan kokoh dalam dunia olahraga. “Pertama, Pemerintah fokus berikan kepercayaan kepada daerah untuk kembangkan dunia olahraga secara maksimal,” urainya.

Catatan kedua, Pemerintah fokus melakukan pembinaan usia dini bagi daerah penghasil atlet cabang olahraga tertentu yang menjadi dominan daerah tersebut. Ketiga, Pemerintah fokus berikan kepercayaan kepada KONI,KOI,Cabor untuk melakukan pembinaan secara menyeluruh terhadap olahraga prestasi

[NEXT-FAJAR]

Keempat, Pemerintah fokus menggandeng berbagai stakeholder pecinta olahraga agar olahraga prestasi menjadi gerakan rakyat untuk melahirkan atlet-atlet yang potensial. Kelima, Pemerintah fokus benahi komunikasi dengan seluruh badan dan elemen dunia olahraga agar tidak terjadi kasus seperti PSSI.

Keenam, Pemerintah fokus melakukan pengawasan dan sanksi hukum oleh aparat penegak hukum bagi siapa saja yang semena-mena melakukan upaya-upaya pemecah belah persatuan dan kesatuan dalam  peningkatan dunia olahraga. “Dan terakhir, Pemerintah fokus untuk tidak telat berikan bonus yg sudah dijanjikan kepada para atlet yg telah berhasil dalam sea games singapura maupun pertandingan lainnya. Semoga masukan dan kerjasama kita seluruh rakyat indonesia mampu mengembalikan kejayaan prestasi olahraga kita. Bangga jadi pemuda Indonesia,” harapnya. (hrm)

loading...
Click to comment
To Top