Usut CJH Jalur Filipina, Polda Gandeng Interpol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Usut CJH Jalur Filipina, Polda Gandeng Interpol

FAJARONLINE, MAKASSAR — Terbongkarnya rencana pemberangkatan CJH Sulsel via Filipina, disikapi Polda Sulsel. Korps Bhayangkara akan bekerja sama International Criminal Police Organization (Interpol) dalam mengusut sindikat ini.

Pelibatan Interpol lantaran pengusutan kasus ini akan berbenturan dengan aturan yuridis dari kepolisian dan otoritas hukum Filipina. “Tidak akan mudah melakukan penyelidikan di negara lain,” ucap Kabid Humas Polda Sulsel, AKBP Frans Barung Mangera, Rabu 17 Juni.

Polda Sulsel belum didukung kesatuan internasional. Makanya, penyidik Polres Parepare diarahkan berkoordinasi dengan Divisi Hubungan Internasional (Hubinter) Mabes Polri.

Barung menambahkan, dari situ, kasus ini akan di-backup oleh National Central Bureau (NCB) Indonesia. Sesuai prosedur, alur penyidikan juga akan langsung melibatkan NCB Asia yang berpusat di Singapura. “Alurnya seperti itu. Kita ikuti aturan yuridis,” ungkap Barung.

Disposisi dari NCB Asia, lanjut dia, akan digunakan dan dihubungkan langsung dengan NCB Filipina dan kepolisian setempat. Penyidikan juga akan dilakukan secara bersama-sama untuk mengungkap jaringan yang diduga melibatkan warga Filipina. (syl-zaq-rus/ars-sap)

Untuk selengkapnya, baca Harian Fajar dan Epaper edisi 18 Juni 2015

To Top