Aspidum: Bukti Formal-Materil Belum Terpenuhi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Aspidum: Bukti Formal-Materil Belum Terpenuhi

FAJARONLINE, MAKASSAR – Asisten Pidana Umum (Aspidum) Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulselbar, Muhammad Yusuf menyebutkan, berkas perkara, baik yang mendudukkan Abraham Samad sebagai tersangka maupun Feriyani Lim masih terdapat hal penting yang perlu disempurnakan. Satu di antaranya bukti formal dan materil kasus kedua tersangka belum terpenuhi. “Penelitian berkas mengarah pada petunjuk yang sebelumnya telah direkomendasikan ke penyidik polda. Bila petunjuk itu belum terpenuhi, maka jaksa akan mengembalikan lagi,” ujarnya, Kamis 18 Juni.

Dalam penanganan kasus tersebut menurut dia, kejati berusaha bersikap independen dan profesional. Dalam berkas BAP polisi, kedua tersangka dijerat melanggar pasal 263 ayat 1 subs pasal 266 ayat 1 KUHP dan pasal 93 Undang-undang nomor 23 tahun 2006 tentang pemalsuan. Kasus ini berawal pada bulan Februari 2007 yang lalu. Saat itu, Feriyani Lim mengajukan permohonan pembuatan paspor ke kantor Imigrasi Makassar menggunakan lampiran dokumen berupa KTP atas tersangka beralamat Jalan Boulevard Ruby II RT 003/RW 005 Kelurahan Masale Kecamatan Panakkukang Makassar. Dalam dokumen juga disertakan Ijasah SLTP atas nama Feriyani Lim.

Kemudian di dalam kartu keluarga terdapat Kepala Keluarga Inisial AS. Pada kartu keluarga yang beralamat Jalan Boulevard Ruby II No 48 RT 003/ RW 005 Kelurahan Masale tersebut tertera tersangka lahir di Pontianak, 5 Februari 1986 dengan nama ayah Ngadiyanto dan ibu Hariyanti. Lalu ijasah SLTP Feriyani Lim tertera nama ibu Mariyanti. Terkait dengan dokumen tersebut, terdapat kartu keluarga Feriyani Lim yang beralamat di apartemen kusuma Chandra Tower III/22- K Dusun RT 4 RW 1 Kelurahan Senayan. Pada dokumen lain menjadi Kepala Keluarga atas nama ayah Ng Chiu Bwe, ibu Lim Miaw Tian. Dengan demikian terlihat terjadi perbedaan identitas orangtua tersangka. Langkah yang telah dilakukan, penyidik telah melakukan pemeriksaan saksi antara lain pelapor. (ida)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top