Cara Kementerian Kominfo Tangani Konten Negatif – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Cara Kementerian Kominfo Tangani Konten Negatif

FAJARONLINE, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika pada tanggal 17 Juni 2015 mengadakan rapat dalam rangka koordinasi lanjutan pelaksanaan Forum Penanganan Situs Internet Bermuatan Negatif (FPSIBN). Pertemuan tersebut dihadiri oleh Menteri Kominfo dan para Pengarah FPSIBN.

Menteri Kominfo menyampaikan bahwa forum penanganan konten negatif ini mengedepankan tata kelola (governance) untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dari kalangan tokoh, ahli, LSM, kalangan jurnalistik, asosiasi dan lembaga yang terkait. Disamping itu, juga untuk meningkatkan perlindungan kekayaan intelektual khususnya hak cipta, serta pelibatan dalam menilai, mempertimbangkan dan memberikan rekomendasi/ keputusan penilaian.

Sebagaimana diketahui bahwa FPSIBN telah dibentuk pada tanggal 31 Maret 2015 dan telah melakukan pertemuan awal pada tanggal 6 April 2015. Pembentukan Forum yang berisi Pengarah dan Panel-Panel dari prominent person dan berbagai kalangan sangat diapresiasi berbagai pihak termasuk oleh kalangan anggota DPR.

Sejak dibentuk panel tersebut, dilaporkan telah merekomendasikan pemblokiran konten-konten: pornografi (1083 situs), investasi ilegal (20 situs), perjudian (246 situs), permintaan ke Twitter (898 account), dan flagging Facebook (115 pagesaccount). Disamping pemblokiran tersebut, telah dinormalisasi sebanyak 14 situs.

loading...
Click to comment
To Top