KNPI Desak Jokowi Tuntaskan Persoalan Pelanggaran Tapal Batas – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

KNPI Desak Jokowi Tuntaskan Persoalan Pelanggaran Tapal Batas

JAKARTA – Dewan Pimpinan Pusat Komite Nasional Pemuda Indonesia (DPP KNPI) mendesak pemerintahan Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla untuk mengeluarkan nota protes kepada pemerintah Malaysia terkait insiden pelanggaran tapal batas ruang udara Indonesia di Blok Ambalat.

Pelanggaran tersebut sudah dilakukan sejak bulan Januari 2015 hingga Mei 2015. Dari rentan waktu tersebut, tercatat sudah sembilan kali jet tempur Malaysia memasuki wilayah Blok Ambalat secara ilegal.

“Ini dilakukan ketika petugas patroli Indonesia sedang tidak ada dilokasi,” pungkas Ketua Umum DPP KNPI, Muhammad Rifai Darus, Kamis (18/6).

Ditegaskan, apa yang dilakukan oleh Malaysia ini jelas telah mencederai semangat solidaritas ASEAN dan bisa mengganggu persiapan kedua negara memasuki MEA 2015. “Jangan sampai suasana konflik mendominasi persiapan kedua negara dalam menghadapi MEA 2015,” tegasnya.

Dikatakan lebih lanjut, permasalahan Blok Ambalat bukan merupakan permasalahan baru. Tetapi, persoalan ini sudah berlangsung sejak 1960-an. Oleh karena itu, perlu upaya serius untuk segera menyelesaikannya.

Dalam kesempatan tersebut, KNPI juga mendesak Pemerintah Jokowi – JK untuk dapat mengadakan perundingan bilateral lanjutan terkait beberapa isu yang berpotensi memanaskan hubungan Indonesia dan Malaysia sebelum memasuki MEA 2015.

Isu-isu terkait yang dimaksud adalah isu perbatasan, illegal fishing, illegal logging TKI, perdagangan manusia dan klaim budaya. Dengan demikian ketika memasuki MEA pada akhir 2015, Indonesia dan Malaysia melangkah dengan sikap Trust for Harmony.

“Dengan kejadian ini, Pemerintah Indonesia harus segera introspeksi dan persiapkan diri lagi dalam pemantapan alutista dan pemantapan pertahanan kita,” pintanya. (hrm)

Click to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

To Top