Menteri Gobel Kritik Pengusaha Soal Polemik Tanjung Priok – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Menteri Gobel Kritik Pengusaha Soal Polemik Tanjung Priok

JAKARTA – Menteri Perdagangan (Mendag) Rachmat Gobel ikut andil mencari solusi untuk memangkas dwelling time atau waktu bongkar muat di pelabuhan. Ia meminta para pengusaha importir lebih dulu mengurus izin sebelum barang tersebut sampai di pelabuhan.

Pasalnya, selama ini banyak pengusaha yang baru mengurus perizinan setelah barangnya sudah sampai di pelabuhan. Hal tersebut ikut menyumbang kepadatan di pelabuhan.

“Selama ini tidak sedikit juga barang yang sampai belum diurus izinnya dan baru diurus kalau sudah sampai barangnya di pelabuhan. Karena itulah Kemendag akan mengatur pengusaha importir untuk mengurus izin terlebih dulu, sebelum barang sampai,” ujar Gobel usai rapat di Kantor BPPT, Jakarta, Kamis (18/6).

Gobel menambahkan, dwelling time sebenarnya sudah pernah dibahas dan telah dilakukan pemetaan. Karena itu, dia meminta agar para pengusaha importir bisa mengurus izin terlebih dahulu jauh-jauh hari sebelum barangnya masuk ke Indonesia.

“Ini yang memperpanjang dwelling time, hal-hal seperti ini banyak, jadi memakan waktu banyak saat mengurusnya. Sama saja kayak kita mau naik pesawat, boarding pass nya mana? Kalau belum ada ya nggak boleh naik pesawat. Kan gitu,” tukas Gobel. (chi/jpnn)

To Top