Polwan Patroli Pake Sepeda Onthel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Ragam

Polwan Patroli Pake Sepeda Onthel

UNGARAN, RAJA – Banyak cara dilakukan aparat kepolisian untuk terus mendekatkan diri dengan masyarakat. Bila Kepolisian Resor (Polres) Temanggung memperkenalkan patroli sahur selama bulan Ramadhan, beda juga yang dilakukan Polres Semarang. Guna meningkatkan keamanan dan kenyamanan warga di perumahan, perkantoran bahkan di tempat-tempat umum di Kabupaten Semarang, Jajaran kepolisian Resort Semarang kembali melakukan kegiatan yang baru saja diluncurkan, yaitu patroli sepeda onthel yang dilakukan oleh para Polisi Wanita (Polwan), Rabu (17/6).

Seusai meluncurkan program patroli sepeda onthel yang berlangsung di halaman Mapolres Semarang, Waka Polres Semarang, Kompol Sunarno, mengatakan, bahwa patroli sepeda onthel selain untuk meningkatkan keamanan juga untuk lebih mendekatkan diri kepada masyarakat, mengingat salah satu tugas polisi adalah pengayom warga.
“Dengan potroli sepeda onthel agar bisa lebih dekat dengan masyarakat, berbeda dengan menggunakan sepeda motor, pasti jalannya cepat dan pendekatan ke masyarakatnya kurang,” tutur Kompol Sunarno.
Patroli dengan menggunakan sepeda onthel ini dilakukan secara bergantian. Setiap patroli terdapat sepuluh Polwan. Mengingat kondisi daerah kota Ungaran daerahnya naik turun sehingga tidak memungkinkan dilakukan bersama-sama.
“Kota Ungaran jalannya banyak naik turun, sebab itu patrolinya dilakukan secara beregu. Patroli sendiri tidak 24 jam, akan tetapi kita mengikuti perkembangan situasi di lapangan, jika memang harus begitu ya kita lakukan sehari penuh,” ucap Wakapolres.
Terkait penyakit masyarakat, lanjut Kompol Sunarno, sudah jauh hari Polres Semarang sudah melakukan giat operasi cipta kondisi, seperti operasi miras dan narkoba. “Dalam waktu dekat kita akan lakukan pemusnahan barang bukti hasil dari razia,” terangnya.
Menindaklanjuti surat edaran dari Bupati Semarang terkait penutupan tempat-tempat hiburan malam yang berada di Kabupaten Semarang, Polres Semarang akan melakukan pemantauan setiap hari selama bulan Ramadhan berlangsung. “Kita akan mengawasi setiap hari tempat
hiburan malam selama bulan puasa, jika masih ada yang nekat buka, kita akan tindak sesuai hukum,” tukas Wakapolres Semarang.
Di tempat berbeda, Ketua Asosiasi Karaoke Bandungan (Akrab), Yan Triana, mengatakan bahwa pihaknya akan mentaati instruksi surat edaran yang dikeluarkan oleh Bupati Semarang, terkait penutupan tempat hiburan malam pada bulan Ramadhan.
“Kami hargai bulan Ramadhan dengan tidak beroperasi atau tutup total. Dan kami akan bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Kabupaten Semarang untuk mengawasi kegiatan di Bandungan. Pada dasarnya kami pengusaha di Bandungan kepingin kawasan bandungan tetap
aman dan nyaman,” tegas Yan Triana. (wis)

loading...
Click to comment
To Top