Sudah 139 Daftar di Pansel KPK, Delapan Perempuan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Ragam

Sudah 139 Daftar di Pansel KPK, Delapan Perempuan

JAKARTA – Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) masih terus membuka pendaftaran. Tercatat, sampai dengan Rabu (17/6) malam sudah ada sebanyak 139 orang yang mendaftarkan diri di KPK dan sudah menerima dokumen pendaftaran para pelamar.

Dari jumlah tersebut, sebanyak delapan orang pendaftar adalah perempuan yang memang berprofesi sebagai aktifis, wiraswasta, head of legal, advokat dan auditor.

“Delapan di antaranya adalah perempuan yang berprofesi sebagai aktivis-wiraswasta, head of legal, advokat dan auditor,” ujar juru bicara Pansel KPK, Betti Alisjahbana melalui pesan singkat kepada wartawan.

Menurut Betti, 76 persen pendaftar berusia antara 45-60 tahun. Profesi terbanyak adalah advokat sebanyak 32 orang, PNS 26 orang dan dosen sebanyak 16 orang. 55 persen pendaftar berpendidikan S-2 atau S-3.

Pansel, kata Betti, juga bekerjasama dengan NGO untuk terus mensosialisasikan pendaftaran calon pimpinan KPK ini.

“Pansel bekerjasama dengan masyarakat sipil antikorupsi melakukan roadshow di Medan yang diwakili oleh Betti Alisjahbana, di Yogyakarta oleh Supra Wimbarti dan di Padang oleh Meuthia Ganie,” imbuhnya.

Dia mengaku acara dialog publik ‘Mencari Sosok Ideal Pimpinan KPK’ di masing-masing kota dihadiri oleh akademisi, aktivis antikorupsi dan tokoh masyarakat. Sebagai narasumber selain anggota pansel juga dari kemitraan dan tokoh setempat.

“Acara ini disambut dengan antusias oleh para peserta. Beberapa tokoh daerah menyatakan akan ikut dalam seleksi Capim KPK,” tandas Betti. (flo/jpnn)

To Top