Tak Lolos Verifikasi, Calon Perseorangan Masih Berpeluang Jika Diusung Parpol – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Pilkada

Tak Lolos Verifikasi, Calon Perseorangan Masih Berpeluang Jika Diusung Parpol

JAKARTA – Komisi Pemilihan Umum (KPU) melalui salah satu komisionernya, Ferry Kurnia Rizkiyanzah menegaskan bakal calon (Balon) perseorangan yang tidak lolos berkas syarat dukungan, masih bisa kembali maju. Caranya, balon tersebut harus dicalonkan oleh partai politik yang memiliki 20 persen kursi di DPRD.

“Kalau bakal calon independen tidak lolos, bisa diusulkan parpol yang memiliki 20 persen kursi di DPRD. Kurang dari itu, pasti tidak akan diloloskan KPU,” kata Ferry.

Di Kabupaten Bone Bolango (Bonbol), Bupati Hamim Pou tidak lolos verifikasi karena dukungan yang dimasukkan tak memenuhi syarat dukungan minimal. Hamim tak bisa lagi memasukan dukungan tambahan karena sudah lewat masa penyerahan dukungan, Selasa (16/6), pukul 16.00. Sehingga KPU Bonbol memutuskan bakal calon perseorangan Hamim Pou-Yakub Tangahu tak memenuhi syarat.

Sementara itu anggota Komisi II DPR RI Bambang Riyanto menyatakan, calon perseorangan yang tidak lolos bisa maju lagi lewat jalur parpol. Hanya saja parpol tersebut minimal memiliki keterwakilan 20 persen di DPRD. “Kalau kursinya di DPRD ada 20 persen, parpolnya bisa mengajukan calon perseorangan,” tandas Politikus Gerindra ini. (esy/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top