Begini Potensi Penyalahgunaan Dana Aspirasi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Nasional

Begini Potensi Penyalahgunaan Dana Aspirasi

FAJARONLINE, JAKARTA – Salah seorang peneliti Indonesia Corruption Watch (ICW) Donal Fariz membeberakan bagaimana peluang dana aspirasi yang diusulkan DPR RI berpotensi disalahgunakan atau dikorupsi.

Ia menjelaskan, akibat perencanaan pengalokasiannya yang tidak jelas, dana aspirasi dikhawatirkan menjadi sumber baru korupsi yang berlangsung secara massif dimana menyuburkan “proyek fiktif” berjudul aspirasi yang diaktori oleh anggota DPR bersama dengan kroninya di dapil masing-masing.

“Proyek fiktifnya itu seperti dalam bentuk pembangunan, penyelenggaraan kegiatan atau pengadaan fiktif. Ini modus kurupsi yang banyak terjadi baik dalam APBN maupun APBN. Dengan sistem yang berjalan sekarang saja, korupsi di sektor penganggaran sudah sangat banyak terjadi, apalagi dalam dana aspirasi,” jelasnya.

Lanjut dia modus yang paling potensial adalah terjadi kick back terhadap program tertentu dengan cara memperdagangkan pengaruh (tranding in influence) terhadap alokasi dana yang “dipegang” oleh masing-masing anggota.

“Selain, potensi korupsi juga ada potensi melahirkan calo anggaran. Karena dengan adanya dana aspirasi ini, fungsi DPR secara tidak langsung akan bertambah yaitu sebagai middle man atau calo anggaran,” ujarnya.

ICW sendiri dengan tegas menolak usulan dana aspirasi tersebut, karena potensi penyalahunaan dan korupsinya sangat besar.

Click to comment
To Top