DPRD desak SKPD Pangkep Terbuka – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

DPRD desak SKPD Pangkep Terbuka

FAJARONLINE, PANGKEP — Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Pangkajene dan Kepulauan (Pangkep) mendesak agar Satuan perangkat Kerja Daerah (SKPD) di lingkup Pemerintahan Kabupaten (Pemkab) Pangkep agar terbuka dalam penyampaian informasi kepada masyarakat maupun kepada DPRD.

Pasalnya, SKPD kerap kali saat dimintai data maupun informasi terkesan menyembunyikan bahkan menutupi hal tersebut. Sementara dalam Undang- Undang nomor 14 tahun 2008 tentang informasi publik dijelaskan bahwa setiap orang berhak memperoleh informasi publik.

Anggota komisi I DPRD Pangkep, Nurdin Mappiara, menegaskan SKPD di lingkup Pemkab Pangkep agar terbuka dalam informasi. “Kita berharap SKPD agar dapat berkoordinasi dengan baik dengan seluruh anggota DPRD dalam hal informasi- informasi yang dibutuhkan agar terbuka. Dan agar secepat mungkin juga melaporkan pekerjaan- pekerjaan SKPD pada tahun  2015 mengingat pembahasan Rencana APBD Perubahan 2015 sudah dekat,” tegasnya.

Hal tersebut ditambahkan anggota DPRD lain dari legislator Nasdem, H Irwan yang juga mempertanyakan salah satu dinas yakni Dinas kelautan dan Perikanan Pangkep yang memiliki data yang berbeda dengan data milik Polres Pangkep  terkait keadaan terumbu karang di Kabupaten Pangkep. “Kita juga mempertanyakan terkait data milik Dinas Kelautan dan Perikanan Pangkep yang mengatakan terumbu karang di pangkep sangat bagus sementara data kepolisian menyatakan terumbu karang di Pangkep sangat mengkhawatirkan karena rusak,” bebernya di depan peserta.

Sementara Bupati Pangkep, Syamsuddin A Hamid mengatakan pihaknya tetap menghimbau agar DPRD dan dinas terkait agar dapat berkoordinasi dengan baik. “Saya kira ada rapat pertemuan antara DPRD dan SKPD-SKPD jadi kalau ada pertanyaan mengenai hal itu bisa dipertanyakan ke masing- masing SKPD. Untuk karang bisa juga dicek langsung ke Coremap,” jelasnya.(ksa/wik)

loading...
Click to comment
To Top