Frekuensi Radio Komunitas Ilegal Ditertibkan – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Teknologi

Frekuensi Radio Komunitas Ilegal Ditertibkan

FAJARONLINE, JAKARTA – Kementerian Komunikasi dan Informatika melalui Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Ditjen SDPPI telah melaksanakan operasi penertiban terhadap penggunaan perangkat radio komunitas illegal.

“Lokasinya yang berada di sekitar Bandar Udara Soekarno Hatta, yang berpotensi mengganggu frekuensi radio penerbangan,” kata Kepala Pusat Informasi dan Humas Kementerian Kominfo Ismail Cawidu, melalui siaran persnya, Jumat (19/6).

Kata dia, kegiatan operasi ini dilakukan sebagai upaya mengantisipasi gangguan frekuensi radio penerbangan yang bersumber dari radio komunitas yang memancar dan menggunakan perangkat radio yang tidak sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

“Pada operasi penertiban kali ini, tim berhasil mengamankan perangkat dari delapan Radio Komunitas yang menggunakan frekuensi radio di luar peruntukan radio komunitas. Ketentuan yang dilanggar salah satu yakni Pasal 11 Undang-undang Telekomunikasi Nomor 36 Tahun 1999 yang menyebutkan bahwa penyelenggaraan telekomunikasi dapat diselenggarakan setelah mendapat izin dari Menteri,” jelasnya.

Ia menambahkan, seluruh radio komunitas tersebut telah menghentikan pancaran (off air) dan perangkat pemancarnya telah diamankan sebagai barang bukti. Para pelanggar akan dipanggil dan dimintai keterangannya untuk pemeriksaan lebih lanjut. “Upaya penegakan hukum akan terus dilanjutkan sesuai peraturan perundang-undangan guna memberikan efek jera kepada para pelanggar,” katanya.

Operasi penertiban ini dilakukan oleh Tim Terpadu terdiri dari Direktorat Pengendalian Sumber Daya dan Perangkat Pos dan Informatika, Balai Monitoring SFR Kelas II Tangerang, Kantor Otoritas Bandar Udara Wilayah I, Perum LPPNPI Cabang JATSC, Korwas PPNS Polda Metro Jaya dan Korem 052 Wijayakrama Kodam.

Click to comment
To Top