Ingin Menipu, Malah Tertipu – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Hukum

Ingin Menipu, Malah Tertipu

KENDAL – Surantono (48) terpaksa harus berurusan dengan aparat kepolisian Polsek Mijen, Semarang. Betapa tidak, niat ingin menipu keponakannya sendiri yang bernama Dedi, malah terbalik, Surantono yang terkena tipu. Nasib Surantono pun bak “ungkapan buaya dikadali”.

Surantono yang merupakan warga Boja Kendal saat gagal melakukan aksi penipuan. Surantono kini meringkuk di balik bui setelah dibekuk petugas dari Polsek Mijen, Kendal. Ia disangka menggelapkan delapan mobil rental.

Kasusnya bermula ketika Surantono menyewa mobil bak terbuka dan sebuah Daihatsu Xenia milik temannya sendiri bernama Supri. Untuk penyewaan selama tiga bulan itu Surantono diminta membayar Rp 15 juta.

Surantono ternyata menyewakan mobil rental milik Supri itu ke Dedi. Harapannya tentu agar dapat untung. Hanya saja, uang sewa dari Dedi malah dipakai Surantono untuk menyewa mobil lainnya hingga mencapai 8 unit. “Harusnya dibayarkan ke pemilik mobil, tapi saya gunakan untuk sewa mobil lainnya,” ujarnya.

Sementara Dedi yang menyewa mobil dari Surantono, justru menggadaikannya ke orang lain. Dedi meggadaikan dua mobil yang disewanya itu masing-masing senilai Rp 25 juta dan Rp 15 juta.

Terang saja Surantono jadi kelabakan. Niatnya menipu justru malah berbalik kena diri sendiri. “Saya tuh mau nipu, eh malah ditipu,” keluhnya.

Kapolsek Mijen AKP Sapari mengatakan,  tiga dari delapan mobil yang digadaikan sudah diambil pemiliknya. “Total ada delapan mobil, diamankan petugas sebanyak lima unit,” ujarnya.

Sedangkan Surantono dan Dedi dijerat dengan pasal 378 KUHP tentang penipuan dengan acamanan hukuman empat tahun penjara. Keduanya kini mendekam sel tahanan Mapolsek Mijen untuk menunggu proses hukum selanjutnya.(jpnn)

loading...
Click to comment
To Top