Ini Hasil Sidak BPOM di Swalayan Gelael – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

Makassar

Ini Hasil Sidak BPOM di Swalayan Gelael

FAJARONLINE, MAKASSAR – Inspeksi mendadak (sidak) Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) Sulselbar ke beberapa swalayan di Kota Makassar, Jumat 19 Juni. Satu di antaranya Swalayan Gelael, Jl Sultan Hasanuddin. Puluhan bungkus makanan yang tidak memiliki registrasi berhasil diamankan. BPOM juga mendapati banyak barang yang penyok dan hampir mendekati masa kadaluwarsa.

Di toko ritel itu juga didapati produk makanan luar negeri yang tidak berlabel bahasa Indonesia. Padahal label tersebut penting tercantum dalam setiap produk makanan. “Semua item ini kami sita dan akan kami cek di balai untuk dilihat, apakah makanan itu masih layak atau tidak, terutama yang tidak beregistrasi,” ujar Kepala BPOM Sulselbar, Muhammad Guntur.

Untuk makanan kaleng yang penyok, Guntur mengimbau masyarakat tidak membeli produk tersebut. Dari produk kaleng penyok, maka makanan yang ada di dalamnya bisa menimbulkan gas. Bahkan bisa berubah warna dan beracun sehingga tidak layak untuk dikonsumsi. Terlebih pada ramadan, banyak masyarakat yang beralih profesi menjadi penjual makanan, baik takjil maupun makanan industri rumahan. Karena itu masyarakat harus lebih teliti dan memperhatikan label yang ada pada produk makanan tersebut. (jai)

loading...
Click to comment
To Top