Siap-siap Tarif Listrik Rumah Tangga Naik Lagi – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Siap-siap Tarif Listrik Rumah Tangga Naik Lagi

FAJARONLINE, JAKARTA – Pemerintah berencana menaikkan tarif listrik dua golongan pelanggan rumah tangga. Subsidi bagi pelanggan berdaya 900 volt ampere (VA) bakal dihilangkan dan subsidi untuk golongan 450 VA dikurangi. Kompensasinya, tarif listrik bakal naik.

Menurut Dirjen Ketenagalistrikan Kementerian ESDM, Jarma, kenaikan dilakukan bertahap mulai tahun depan. Penghilangan dan pengurangan subsidi dilakukan karena anggaran yang dikeluarkan sangat besar. ’’Kalau tarifnya naik, subsidi akan mengecil. Tapi itu dilakukan bertahap,’’ ujarnya.

Program tersebut dijalankan bersamaan dengan rencana pemerintah untuk meluncurkan kartu khusus subsidi. Jadi, subsidi akan diberikan secara langsung dan dipusatkan dalam kartu tersebut. Selain listrik, akan diintegrasikan pemberian subsidi elpiji 3 kg. Melalui tahap itu, pemerintah tidak serta-merta mencabut subsidi. Pemberian subsidi membuat tarif listrik 450 VA dan 900 VA jauh dari tarif keekonomian saat ini yang mencapai Rp 1.524 per kWh. Daya 450 VA, misalnya, dikenai tarif Rp 415 per kWh dan golongan 900 VA Rp 605 per kWh. ’’Masyarakat yang benar-benar tidak mampu bisa mendapat tarif khusus melalui kartu,’’ tuturnya. Karena itu, agar mencapai tarif keekonomian, akan dilakukan penyesuaian setiap tiga bulan. Sebagaimana diketahui, saat ini PLN memberlakukan tarif adjustment yang ditentukan tiga hal. Yakni, inflasi, harga minyak, dan nilai tukar rupiah. (rmol) 

loading...
Click to comment
To Top