KPU : Golkar- PPP Sebulan Selesaikan Masalah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

KPU : Golkar- PPP Sebulan Selesaikan Masalah

FAJARONLINE, MAKASSAR — KPU Sulsel belum bersikap mengenai dua partai politik yang sekarang ini masih belum menyelesaikan konflik kepemimpinan di internalnya. Namun, pihak KPU menyebutkan bahwa partai yang berkonflik tinggal punya waktu sebulan untuk menyelesaikan permasalahannya.
“Kita di KPU yang ada di daerah ini hanya menunggu saja arahan dari KPU-RI dan kalau keputusannya bilang diterima, maka pasti kita terima dan begitu juga sebaliknya,” kata Komisioner Divisi Hukum KPU Sulsel Khaerul Mannan di ruang kerjanya, Sabtu 20 juni.
Ia mengatakan, kedua partai politik yakni Golkar dan Partai Persatuan Pembangunan (PPP) harus memenuhi persyaratan sesuai dengan Undang Undang Nomor 1 Tahun 2015 tentang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada).

Sesuai perundang-undanga, semua penjelasan telah termaktub pada pasal 36 Ayat (1),(2), (3). “Jadi sangat sederhana masalahnya ini, ikuti saja aturan perundang-undangan. Apalagi KPU RI sudah memberikan komando kepada KPU Provinsi dan Kabupaten-kota, jadi tidak perlu ada lagi penafsiran. KPU saat ini sudah satu pintu” ungkapnya.
Dalam UU Pilkada itu, partai politik diberi hak untuk mengajukan pasangan calon kepala daerah dan wakil kepala daerah. Parpol pun diberi kebebasan untuk menggunakannya atau mengabaikannya.
Dalam konteks Golkar dan PPP yang masih berkonflik, KPU berharap agar konflik tersebut segera dicari solusinya. Dengan begitu, dua parpol tertua tersebut bisa mengikuti Pilkada serentak 2015 yang akan diselenggarakan 9 Desember mendatang.
Sesuai dengan Peraturan KPU Nomor 9 Tahun 2015 tentang Pencalonan Pilkada, jika SK kepengurusan parpol yang dikeluarkan Menkumham disengketakan, maka ada dua alternatif yang ditempuh.
“Pertama, menggunakan putusan yang telah berkekuatan tetap, dan yang kedua, melakukan perdamaian atau islah,” kata Khaerul. (taq/wik)
loading...
Click to comment
To Top