Penjelasan Arif Prabowo Soal Kerjasama Telkom – SingTel – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Teknologi

Penjelasan Arif Prabowo Soal Kerjasama Telkom – SingTel

JAKARTA – Kerjasama pengembangan pusat data untuk e-government dan e-budgetting di Singapura melalui kerjasama PT Telkom dengan Singapore Telecommunication Limited (SingTel) terus menuai kritikan. Terkait hal itu, Vice President Corporate Communication Telkom, Arif Prabowo pun angkat bicara.

Dikatakan, Telkom bersama SingTel telah menyepakati pembentukan joint venture (perusahaan patungan), yang rencananya mulai beroperasi pada 2016. Arif mengatakan, layanan data center Telin Singapore ditujukan hanya untuk menyasar perusahaan-perusahaan global yang berbasis di Singapura.

“Telin-3 yang dibangun dan dua data center lainnya ditujukan untuk menggaet perusahaan Singapura dan perusahaan multinasional yang ada Singapura,” ujar Arif dalam siaran persnya, Sabtu (20/6).

Dia memastikan kerjasama tersebut tidak berdampak bocorkan data pemerintah kepada Singapura. Seperti yang dikhawatirkan beberapa pihak. Pasalnya, semua pengoperasiannya masih di bawah kendali Telkom.

“Sehingga tidak ada data pemerintah yang ditempatkan di Singapura, karena semuanya dikelola dan dioperasikan oleh Telkomsigma di Indonesia. Telkomsigma telah memiliki 3 data center yang beroperasi secara aktif, yakni di Serpong, Sentul dan Surabaya. Sementara itu, Telkomsigma juga sedang membangun data center di beberapa kota, salah satunya di Balikpapan,” jelasnya.

Termasuk untuk project pemerintah, sambung Arif, semuanya dikelola Telkomsigma di Indonesia.

“Ini merupakan dua hal yang berbeda. Tidak ada sama sekali data pemerintah Indonesia yang ditempatkan di Singapura. Hingga saat ini Telkom tidak mengelola data center untuk Badan Cyber Nasional,” tegasnya. (chi/jpnn)

loading...
Click to comment
To Top