Reshuffle Kembalikan Kredibilitas Pemerintah – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Makassar

Reshuffle Kembalikan Kredibilitas Pemerintah

FAJARONLINE, MAKASSAR —Laporan kinerja menteri bisa menjadi pintu reshuffle di kabinet kerja. Reshuffle dinilai salah satu cara mengembalikan kredibilitas pemerintah.Laporan kinerja itu kini sudah di tangan Presiden Joko Widodo. Meski demikian, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) belum memastikan kapan tindak lanjut evaluasi kabinet itu berlanjut ke pergantian sejumlah menteri. “Nantilah pada saatnya (disampaikan),” ujar JK, Sabtu, 20 Juni.

JK yang sebelumnya tegas menilai perlu adanya reshuffle, kali ini memilih tidak banyak bersikap.  Menurut dia, hasil laporan kinerja itu pada saatnya nanti akan diketahui oleh publik. Pakar Komunikasi Politik Universitas Hasanuddin, Hasrullah menilai rencana untuk me-reshuffle kabinet perlu didukung mengingat beberapa kementerian tidak maksimal. “Ini salah satu cara mengembalikan kredibilitas pemerintahan di mata masyarakat,” tuturnya, malam tadi.

Ketua Umum DPP Partai Hati Nurani Rakyat (Hanura) Wiranto mengaku belum ada kabar pasti terkait reshuffle. Jika nantinya ada reshuffle, kata dia, kemungkinan Presiden Jokowi akan berkomunikasi dahulu dengan para pimpinan partai politik. “Kalau sekarang tidak ada, belum berkomunikasi,” ujar Wiranto. Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menko Polhukam) Tedjo Edhy Purdijatno menyebut laporan kinerja menteri merupakan perintah presiden. Menjadi kewajibannya untuk menyerahkan permintaan presiden itu tepat waktu.

Menurut Tedjo, setelah laporan kinerja diserahkan, menjadi hak presiden untuk menilai baik atau buruknya pekerjaan para menteri. Dirinya juga tidak mau berkomentar banyak terkait potensi dirinya sebagai salah satu menteri yang layak direshuffle. (dan/ian-har)

loading...
Click to comment
To Top