Kerjasama dengan SingTel Tak Bocorkan Rahasia Negara! – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Nasional

Kerjasama dengan SingTel Tak Bocorkan Rahasia Negara!

FAJARONLINE, JAKARTA – Kerjasama antara PT Telkom dengan Singapore Telecommunication Limited (SingTel) terkait pengembangan pusat data untuk e-government dan e-budgetting diklaim tidak akan membocorkan rahasia negara.

Hal tersebut dikatakan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Rini Soemarno. Menurutnya, meski dari kesepakatan itu akan ada data center yang ditempatkan di Singapura, persoalan rahasia negara milik pemerintah Indonesia dijamin akan tetap aman.

Rini menjelaskan bahwa semula dirinya diundang oleh Telekomunikasi Indonesia International Pte Ltd (Telin) ke Singapura untuk peresmian data center. Telin merupakan anak usaha PT Telkom yang berbasis di negeri pulau itu. Sesuai kesepakatan Telkom dengan SingTel maka akan ada perusahaan patungan (joint venture). Rencananya, perusahaan itu akan beroperasi mulai 2016.

“Data center itu adalah satu pusat pengelolaan data untuk perusahaan-perusahaan swasta yang ingin meminta pihak ketiga untuk mengelola data. Telin sudah membuat data center dan ini yang ketiga,” beber Rini di sela-sela buka puasa bersama di rumah dinasnya, Jakarta Selatan, seperti dikuti dari JPNN.

Olehnya itu, ia meyakini kerjasama Telkom dengan SingTel tak ada kaitannya dengan rahasia negara. Ia justru berharap kerja sama itu bisa semakin baik. “Karena bisnis sebelumnya bagus, maka dibikinlah kerjasama selanjutnya. Kerjasama ini pemberi jasa dalam mengelola data dan nggak ada urusan sama itu (membocorkan data),” tegasnya.

loading...
Click to comment
To Top