Sudah Rp 7,39 Triliun Dana Desa yang Ditransfer – FAJAR.co.id

FAJAR.co.id

exciting-banten
Daerah

Sudah Rp 7,39 Triliun Dana Desa yang Ditransfer

FAJARONLINE, JAKARTA – Sebanyak Rp 7,39 triliun dari total Rp 8,31 triliun alokasi anggaran dana desa dari emerintah pusat telah ditransfer dan diterima oleh sekitar 387 pemerintah kota/kabupaten. Ini berdasar dari data Kementerian Keuangan (Kemenkeu).

Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (DPDTT) Marwan Jafar mendorong para Kepala Desa (Kades) segera memperbaiki infrastruktur di desanya masing-masing. Dan perlu mencermati Permendesa Nomor 5 Tahun 2015 tentang Penetapan Prioritas Penggunaan Dana Desa Tahun 2015.

“Ini supaya teman-teman Kades memahami betul dan dapat membuat skala prioritas apa saja yang harus didahulukan dalam penggunaan dana desa. Seperti infrastruktur, merupakan program prioritas yang harus segera dilaksanakan karena memang vital dan mendesak,” ujar Marwan, Minggu (21/6) seperti dikutip dari JPNN.

Ia mengemukakan hal tersebut mengingat banyaknya keluhan terkait kondisi infrastruktur di desa yang buruk dan menghambat aktivitas perekonomian masyarakat. Kondisi jalan yang buruk menyebabkan petani tidak bisa menjual hasil pertanian.

“Masalah infrastruktur sangat mendesak, kondisinya memang banyak jalan desa yang rusak parah yang harus segera diperbaiki agar sarana transportasi desa berjalan lancar, ekonomi desa berjalan baik, perdagangan antar desa berjalan lancar,” ujar Marwan.

loading...
Click to comment
To Top